Monday , July 13 2020
Home » CodeIgniter » Mengakses Web Tanpa Memanggil Folder Public dan index.php Codeigniter 4

Mengakses Web Tanpa Memanggil Folder Public dan index.php Codeigniter 4

Mengakses Web Tanpa Memanggil Folder Public dan index.php Codeigniter 4

lebakcyber.net – Mengakses web tanpa memanggil folder public dan index.php Codeigniter 4. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengakses suatu file atau halaman yang kita buat tanpa harus memanggil folder public dan juga tanpa harus menambahkan file index.php didalamnya.

Untuk menghilangkan folder public dan juga file index.php pada saat pemanggilan suatu controller atau pada saat ingin mengakses halaman yang kita buat di codeigniter 4 caranya sangat mudah, jadi silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini ya.

Memanggil Halaman Web Tanpa Folder Public di codeigniter 4

Untuk bisa memanggil halaman web tanpa harus menambahkan folder public didalam urlnya caranya sangat mudah, silahkan buka folder public yang ada di direktori codeigniter 4 yang kalian miliki, nanti akan terdapat beberapa file seperti gambar dibawah ini :

Advertisements

Selanjutnya, cut atau potong semua file yang ada didalam folder public tersebut lalu paste di folder root pada project yang sedang dibuat, nanti hasilnya seperti pada gambar dibawah ini :

Langkah terakhir adalah buka file index.php lalu ubah pada bagian :

Advertisements
$pathsPath = realpath(FCPATH . '../app/Config/Paths.php');

Menjadi seperti berikut ini :

$pathsPath = realpath(FCPATH . 'app/Config/Paths.php');

Oke sekarang kita sudah bisa memanggil controller atau halaman yang kita buat tanpa harus menambahkan folder public didalam urlnya.

Menghapus index.php di URL Codeigniter 4

Selanjutnya kita akan mencoba untuk menghapus index.php pada url di project yang sedang kita buat menggunakan codeigniter 4. Untuk menghapus file index.php tersebut caranya sangat mudah.

Silahkan masuk ke folder Config/app lalu cari perintah seperti dibawah ini :

public $indexPage = 'index.php';

Lalu hapus nilai inde.php yang ada pada perintah diatas menjadi seperti perintah dibawah ini :

public $indexPage = '';

Oke sekarang kita tidak perlu lagi memanggil file index.php pada saat ingin mengakses controller atau halaman web pada project yang kita buat dengan menggunakan codeigniter 4.

Kesimpulan

Jadi seperti itulah bagaimana cara memanggil controller atau halaman web tanpa harus memasukan folder public dan juga index.php pada project yang kita buat dengan menggunakan codeigniter 4. Kalau biasanya kita harus mengakses halaman web kita dengan menuliskan https://lebakcyber.net/public/index.php/biodata sekarang kita hanya tinggal mengetikan https://lebakcyber.net/biodata, penulisan urlnya menjadi lebih simpel bukan.

Semoga tutorial sederhana mengenai materi pembahasan kita mengenai codeigniter 4 ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mempelajari codeigniter versi 4 dan selamat mencoba serta jangan lupa untuk terus berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar codeigniter versi 4 selanjutnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *