Thursday , December 20 2018
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Mencegah Penyebaran Ransomware

Mencegah Penyebaran Ransomware

Mencegah penyebaran Ransomware

Mencegah Penyebaran Ransomware – Beberapa hari ini serangan ransomware mendadak menjadi viral di berbagai negara didunia mulai dari hari jumat kemarin. 99 negara sudah terjangkit ransomware wanna cry, termasuk di Indonesia sendiri. Selain Indonesia, negara yang terinfeksi oleh ransomware adalah Amerika, Inggris, Itali, Spanyol, Rusia, Tiongkok, Ukraina dan masih banyak lagi negara lainnya. karena itu lebakcyber.net akan sharing langkah langkah untuk mencegah ransomware ini menjangkit di komputer kamu.

Mencegah Penyebaran Ransomware

Apa itu Ransomware

Ransomware adalah sebuah perangkat lunak yang mengenkripsi atau mengunci file file yang ada didalam komputer atau perangkat mobile yang terinfeksi. Ransomware akan mengunci file multimedia, dokumen office ataupun gambar sehingga tidak dapat diakses.

Sang pembuat ransomware akan meminta sejumlah uang yang harus ditransfer ke wallet BitCoin tertentu jika penggua komputer yang terkena ransomware ingin data datanya kembali dapat digunakan.

 

Ransomware Di Indonesia

Beberapa rumah sakit yang ada di Indonesia sudah terkena oleh ransomware, dua rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Kita. Mengapa rumah sakit yang menjadi korban paling banyak? Karena komputer yang ada dirumah sakit beroperasi selama 24 jam tanpa henti dan keamanan dari sistem operasinya sendiri pun kurang begitu terjaga.

Pencegahan Agar Terhindar Dari Ransomware

  • Untuk mengantisipasi serangan WannaCry, Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) merilis tips pencegahan infeksi ransomware tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya.
  • Putuskan koneksi jaringan internet dengan mencabut kabel LAN dan atau matikan koneksi WiFi
  • Matikan Macros dan SMB Service, lalu aktifkan Firewall block Port 139, 445, 3389.
  • Download Tools dan Security Patch secara manual dari komputer lain, simpan di USB flashdrive. Melalui link https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx dan sesuaikan dengan versi sistem operasi yang kamu gunakan.
  • Install Tools dan Security Patch yang sudah diunduh ke komputer target (korban).
  • Jalankan full scan menggunakan antivirus dengan fitur Total Security yang update.
  • Lakukan backup data penting ke media penyimpanan lain yang aman dan bersih (tidak terinfeksi).
  • Install Antivirus yang mendukung support untuk menangani masalah ransomware

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan sebelum komputer kamu terkena serangan Ransomware wanna cry, jadi ada baiknya sebelum terlambat kamu ikuti cara diatas agar terhindar dari ransomware.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *