Sunday , June 16 2019
Home / VB.Net / Menampilkan Data Dari Database ke TextBox VB.Net

Menampilkan Data Dari Database ke TextBox VB.Net

Menampilkan Data Dari Database ke TextBox VB.Net

Menampilkan Data Dari Database ke TextBox VB.Net – Setelah sebelumnya kita telah mempelajari tentang bagaimana caranya menampilkan data dari database ke data grid view, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara menampilkan data dari database kedalam textbox di vb.net.

Masih memanfaatkan sistem sekolah yang sebelumnya sudah kita buat, kita akan memanfaatkan textbox NIP untuk memasukan nip, dan menampilkan data siswa yang memiliki nip yang kita masukan kedalam textbox nama, no telfon dan alamat.

Buat sebuah subroutine baru didalam vb.net, beri nama subroutine tersebut dengan tampilTextbox, masukan perintah untuk menampilkan data dari database kedalam textbox di vb.net seperti berikut ini :

Sub tampilTextBox()

Try

Call koneksi()

Dim str As String

str = "select * from siswa where nip = '"& txtNip.Text &"'"

cmd = New MySqlCommand(str, conn)

rd = cmd.ExecuteReader

rd.Read()

If rd.HasRows Then

txtNama.Text = rd.Item("nama")

txtNoTelp.Text = rd.Item("notelp")

rtbAlamat.Text = rd.Item("alamat")

End If

Catch ex As Exception

End Try
End Sub

Selanjutnya kita buat sebuah event keypress enter di txtNip, maksudnya untuk menjalankan perintah tampilTextBox setelah user memasukan NIP dan menampilkan datanya kedalam textbox nama, no telfon dan alamat.

Untuk lebih jelasnya bagaimana menampilkan data dari database kedalam textbox dengan memanfaatkan event keypress seperti berikut ini :

Private Sub txtNip_KeyPress(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles txtNip.KeyPress

        If (e.KeyChar = Chr(13)) Then

            Call tampilTextBox()

        End If

    End Sub

Oke sekarang coba jalankan programnya, masukan nip 10108822 atau nip apa saja yang sudah anda masukan di database kedalam txtNIP, lalu tekan tombol enter. Nanti data dari nip 10108822 tersebut akan ditampilkan di txtnotelp, txtnama dan juga rtbALamat. Seperti gambar berikut ini :

Menampilkan Data Dari Database ke TextBox VB.Net

Yup seperti itulah cara bagaimana menampilkan data dari database kedalam textbox di vb.net. semoga tutorial ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian. Sampai bertemu lagi di tutorial mengenai vb.net lainnya ya dan sering sering berkunjung ke lebakcyber.net.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

2 comments

  1. Masih ga ada aksi apa apa nih, source code juga ga ada yg error. ada solusi ?

    • Coba tambahin perintah ini diantara Catch ex As Exception sama End Try gan biar keliatan kalo ada error, jadi nanti perintahnya jadi seperti ini :

      Catch ex As Exception
      MessageBox.Show(ex.Message)
      End Try

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *