Saturday , June 15 2024

Mempercepat Update dan Upgrade Kali Linux

Mempercepat Update dan Upgrade Kali Linux

lebakcyber.net – Mempercepat Update dan Upgrade Kali Linux. Bagi teman-teman yang menggunakan sistem operasi Kali Linux pasti pernah merasakan lambatnya proses pada saat melakukan update ataupun upgrade.

Namun pada saat membuka Youtube ataupun browsing internet terasa sangat lancar dan tidak ngelag yang artinya tidak ada masalah pada bandwith internet yang teman-teman gunakan.

Nah untuk mengatasi masalah update ataupun upgrade pada sistem operasi Kali Linux yang terasa lambat, kita harus melakukan sedikit perubahan pada file sources.list yang ada di sistem operasi Kali Linux.

Cara Update file Sources.list Kali Linux

Sebenarnya cara untuk merubah file sources.list yang ada pada sistem operasi Kali Linux sama saja seperti kita merubah file sources.list tersebut pada sistem operasi Ubuntu, karena path file dan juga perintahnya sama seperti pada sistem operasi Ubuntu.

Jadi langsung saja kita mulai untuk merubah file sources.list yang ada sistem operasi Kali Linux, silahkan teman-teman ikuti langkahnya dibawah ini:

  • Backup file asli dari sources.list dengan perintah:
sudo cp /etc/apt/sources.list /etc/apt/sources.list-backup
  • Kalau backup dari file sources.list sudah dibuat, sekarang kita akan merubah isi dari file sources.list asli yang ada di Kali Linux dengan menggunakan text editor nano. Perintahnya seperti dibawah ini:
sudo nano /etc/apt/sources.list
  • Setelah file sources.list terbuka, berikan tanda # untuk setiap baris repositori kali linux yang ada didalam file sources.list tersebut seperti gambar dibawah ini:

Mempercepat Update dan Upgrade Kali Linux

  • Selanjutnya di baris paling bawah setelah semua repositori diberikan komentar. Silahkan masukan alamat server repositori baru seperti dibawah ini :
deb https://mirrors.ocf.berkeley.edu/kali/ kali-rolling main non-free contrib
  • Jadi hasilnya seperti gambar dibawah ini :

Mempercepat Update dan Upgrade Kali Linux

Sekarang setelah repositorinya sudah diganti, tekan tombol kombinasi pada keyboard CTRL + X lalu pilih Y untuk menyimpan hasil edit dari file sources.list tersebut.

Sekarang silahkan teman-teman coba melakukan proses update dan upgrade dengan menggunakan perintah seperti dibawah ini :

sudo apt-get update && apt-get upgrade -y

Setelah dijalankan, pasti akan terasa kalau proses update dan juga upgrade pada sistem operasi Kali Linux yang teman-teman gunakan akan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya.

Semoga tutorial sederhana mengenai Kali Linux ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial Linux lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *