Monday , July 26 2021
Home » Linux » Memperbaiki Ubuntu Melalui Terminal

Memperbaiki Ubuntu Melalui Terminal

Memperbaiki Ubuntu Melalui Terminal

lebakcyber.net – Memperbaiki Ubuntu melalui terminal. Oke jadi pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas mengenai bagaimana cara melakukan proses install ulang Ubuntu dengan menggunakan Terminal.

Kalau teman-teman memiliki kendala seperti misalnya sistem operasi Ubuntu yang teman-teman gunakan mengalami crash atau ada masalah di perangkat wireless, bluetooth ataupun perangkat hardware lainnya, teman-teman bisa dengan mudah memperbaikinya tanpa harus melakukan proses install ulang ubuntu dari awal.

Langkah Memperbaiki Ubuntu Tanpa Install Ulang

Oke langsung saja kita bahas cara untuk memperbaiki sistem operasi Ubuntu yang mengalami crash tanpa harus melakukan proses install ulang.

Advertisements

Yang pertama update sistem operasi Ubuntu yang teman-teman gunakan dengan menggunakan perintah :

sudo apt update

Setelah proses update selesai, silahkan teman-teman masukan perintah seperti dibawah ini :

Advertisements
sudo apt-get install --reinstall ubuntu-desktop

Lalu tekan tombol enter dan nanti proses download paket yang dibutuhkan akan mulai dilakukan, silahkan teman-teman tunggu sampai proses tersebut selesai. Dan setelah semua paket berhasil didownload, secara otomatis paket yang rusak ataupun perangkat yang mengalami masalah akan di update.

Setelah selesai, silahkan teman-teman lakukan proses reboot atau restart. Setelah proses restart sistem operasi Ubuntu tersebut selesai, Ubuntu yang teman-teman yang mengalami crash ataupun hardware yang tidak terdeteksi akan teratasi.

Kalau teman-teman masih merasa belum yakin, silahkan lakukan proses update pada sistem operasi Ubuntu yang teman-teman gunakan dengan menggunakan perintah :

dansudo apt update

Lalu lakukan proses upgrade jika memang ada paket yang harus di upgrade dengan menggunakan perintah :

sudo su appt upgrade

Oke jadi seperti itulah bagiamana cara untuk memperbaiki sistem operasi Ubuntu yang mengalami crash ataupun kerusakan lainnya, sangat mudah bukan.

Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapat informasi mengenai sistem operasi Linux dan juga tips dan trik  mengenai dunia IT lainnya serta juga beberapa pembahasan mengenai belajar berbagai bahasa pemrograman

Oke jadi sampai disini dulu materi yang bisa saya share, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang mengalami masalah pada sistem operasi Ubuntu yang digunakan namun tidak ingin melakukan proses install ulang dari awal.

Sampai jumpa lagi di artikel-artikel berikutnya ya dan tetap kunjungi web lebakcyber.net untuk mendapatkan info terbaru.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Cara Install Spotify di Ubuntu

Cara Install Spotify di Ubuntu

Cara Install Spotify di Ubuntu lebakcyber.net – Cara install Spotify di Ubuntu. Spotify merupakan sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *