Monday , November 30 2020
Home » HTML 5 » Membuat Hyperlink di HTML

Membuat Hyperlink di HTML

Membuat Hyperlink di HTML

Lebakcyber.net – Membuat Hyperlik di HTML. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana cara membuat sebuah hyperlink di HTML. Hyperlink atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan link biasanya digunakan untuk menghubungkan sebuah dokumen dengan dokumen lainnya yang ada di HTML.

Tujuan dari dibuatnya hyperlink ini dapat membuat sebuah gambar atau teks yang saat diklik maka nantinya akan dialihkan pada halaman tertentu yang sebelumnya telah ditetapkan pada saat penulisan hyperlink di HTML tersebut.

Untuk membuat sebuah hyperlink diawali dengan tag <a> dimana tag <a> tersebut biasanya selalu diikuti dengan atribut href (hypertext reference), dimana href tersebutlah yang nantinya akan diisi oleh alamat yang dituju pada saat gamabr atau teks di klik.

Advertisements

Dibawah ini adalah contoh penulisan hyperlink dengan menggunakan tag <a href=”link yang dituju”> :

<a href="lebakcyber.net">Lebak Cyber</a>

Nantinya dengan menggunakan perintah hyperlink diatas, saat pengguna mengklik teks Lebak Cyber maka akan dialihkan menuju situs lebakcyber.net

Advertisements

Contoh diatas pada saat link di klik maka alamat yang dituju akan dibuka pada tab yang sama, selain itu kita juga bisa membuat sebuah hyperlink untuk membuka link yang dituju pada tab baru, contoh perintahnya seperti berikut ini :

<a href="lebakcyber.net" target='_blank'>Lebak Cyber</a>

Selain itu kita juga bisa membuat semua link yang ada di HTML yang kita buat agar terbuka pada tab yang baru, caranya yaitu dengan memasukan tag dibawah ini didalam tag <head></head> :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<base target='_blank'/>
<title>Membuat hyperlink di html - Lebak Cyber</title>
</head>
<body>

<a href="lebakcyber.net">Lebak Cyber</a>
</body>
</html>

Setelah itu kita bisa membuat sebuah link pada HTML yang nantinya akan terbuka secara otomatis pada tab baru tanpa harus menambahkan perintah target=’_blank’ pada setiap hyperlink yang kita buat.

Oke sampai disini kita sudah mempelajari tentang bagiamana cara membuat sebuah hyperlink pada HTML, tidak begitu sulit bukan caranya. Semoga tutorial belajar HTML sederhana ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa pada tutorial belajar HTML selanjutnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Menampilkan Gambar di HTML

Menampilkan Gambar di HTML

Menampilkan Gambar di HTML Lebakcyber.net – Menampilkan gambar di HTML. Pada kesempatan belajar HTML kali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *