Wednesday , May 29 2024

Belajar Membuat Heading di HTML

Belajar Membuat Heading di HTML

lebakcyber.net – Belajar membuat heading di HTML. Heading pada HTML biasanya digunakan pada saat kita akan membuat sebuah judul ataupun sub judul pada sebuah halaman web yang ingin ditampilkan.

Heading di HTML didefinisikan dengan tag <h1> sampai <h6>, dimana tag <h1> mendefinisikan sebuah heading yang paling penting, sedangkan <h6> mendefinisikan heading yang kurang begitu penting.

Berikut ini adalah penerapan heading pada halaman HTML :

<h1>Ini adalah heading 1</h1>
<h2>Ini adalah heading 2</h2>
<h3>Ini adalah heading 3</h2>
<h4>Ini adalah heading 4</h2>
<h5>Ini adalah heading 5</h2>
<h6>Ini adalah heading 6</h2>

Mengapa Headings Sangat Penting?

Mesin pencari menggunakan heading untuk melakukan indeks pada struktur dan juga konten yang ada pada halaman web yang kita buat. Jadi sangat penting untuk menggunakan heading untuk menampilkan struktur dari konten yang kita buat pada halaman website.

Heading <h1> biasanya digunakan sebagai heading utama, selanjutnya diikuti dengan heading <h2> dan yang tidak kalah penting adalah heading 3 <h3>, dan begitu seterusnya.

Mendefinisikan Ukuran Heading Secara Manual

Setiap heading di HTML memiliki ukuran defaultnya masing-masing, namun kita dapat menspesifikasikan ukuran dari setiap heading dengan menggunakan atribut style dan juga property pada CSS font-size. Contohnya seperti dibawah ini :

<h1 style="font-size:75px;">Ini adalah heading 1 dengan ukuran font 75px</h1>

Oke jadi itulah penjelasan sederhana mengenai penggunaan heading di HTML, semoga tutorial ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa pada tutorial HTML selanjutnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *