Monday , April 12 2021
Home » Linux » Melihat Versi Linux Yang Digunakan

Melihat Versi Linux Yang Digunakan

Melihat Versi Linux Yang Digunakan

lebakcyber.net – Melihat Versi Linux Yang Digunakan. Oke di kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk melihat versi linux apa sih yang sebenarnya sedang kita gunakan ini.

Biasanya pada saat seseorang menggunakan sistem operasi Linux, mereka biasanya akan merujuk pada salah satu distro Linux yang banyak tersedia dan bisa digunakan secara gratis.

Distro Linux atau distribusi Linux sendiri merupakan sistem operasi yang dibuat berdasarkan kernel Linux, libraries GNU serta aplikasi-aplikasi atau software-software lainnya.

Advertisements

Distribusi Linux sendiri biasanya sudah mencakup desktop dan juga manajemen paket yang mana didalamnya sudah diinstall aplikasi-aplikasi yang disesuaikan dengan tujuan dari dibuatnya distro Linux tersebut.

Adapun beberapa distro atau distribusi Linux yang paling populer seperti Ubuntu, RedHat, Kali Linux, OpenSuse, Linux Mint, CentOS dan juga masih banyak lagi distribusi lainnya yang bisa kalian pilih dan gunakan secara gratis.

Advertisements

Cara Mengetahui Versi Linux

Disini kita akan menggunakan utilitas lsb_release yang digunakan untuk bisa menampilkan LSB atau Linux Standard Base yang memberikan informasi mengenai distribusi dari suatu Linux. Cara ini bisa berjalan pada desktop environment apapun atau juga pada versi debian yang digunakan.

Sekarang kita coba praktekan ya bagaimana cara mengetahui versi Linux yang sedang digunakan dengan menggunakan perintah lsb_release, silahkan buka terminal lalu masukan perintah seperti dibawah ini :

lsb_release -a

Maka nanti hasilnya akan seperti pada informasi dibawah ini :

No LSB modules are available.
Distributor ID: Ubuntu
Description:    Ubuntu 20.10
Release:        20.10
Codename:       groov

Berdsarkan informasi tersebut kita bisa mengetahui bahwa Distributor ID yang digunakan adalah Ubuntu dengan deskripsi Ubuntu 20.10 dengan nama Release 20.10 serta codename Groov.

Menggunakan Perintah hostnamectl

Selain itu kita juga bisa menggunakan perintah hostnamectl yang juga memungkinkan kita untuk melakukan pengaturan pada hostname dan juga kita dapat memerikan versi debian yang sedang kita gunakan.

Silahkan buka terminal teman-teman lalu masukan perintah seperti dibawah ini :

hostnamectl

Nanti hasil dari perintah tersebut akan memberikan informasi seperti dibawah ini :

Static hostname: virdane-linuc
         Icon name: computer-laptop
           Chassis: laptop
        Machine ID: ae0d484e0f734d55b64d1ff0cff04e98
           Boot ID: 3ba943e5a83c4352a80e6d3be52b7f5c
  Operating System: Ubuntu 20.10
            Kernel: Linux 5.8.0-36-generic
      Architecture: x86-64

Dari informasi diatas bisa kita lihat kalau hostnamenya adalah virdane-linuc dan juga beberapa informasi lainnya serta versi dari sistem operasi linux yang sedang kita gunakan beserta kernel dan juga arsitekturnya.

Oke jadi begitulah bagaimana cara untuk mengetahui versi dari sistem operasi Linux yang sedang digunakan, mudah bukan caranya. Semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar Linux dan sampai bertemu lagi di tutorial perintah dasar Linux selanjutnya ya.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Ini Kata Pendiri Linux Mengenai Media Sosial

Ini Kata Pendiri Linux Mengenai Media Sosial

Ini Kata Pendiri Linux Mengenai Media Sosial lebakcyber.net – Linus Torvalds dikenal namanya di dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *