Wednesday , December 11 2019
Home / Excel / Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan di Excel 2016

Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan di Excel 2016

Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan di Excel 2016

lebakcyber.net – Pada kesempatan tutorial belajar excel 2016 kali ini kita akan mempelajari tentang melakukan penjumlahan dan pengurangan di Excel 2016. Walau terdengar sederhana, namun proses penjumlahan dan pengurangan di Excel 2016 merupakan salah satu proses yang paling sering dilakukan.

Melakukan Penjumlahan di Excel 2016

Untuk melakukan proses penjumlahan di Excel 2016 caranya sangat mudah, misalnya pada contoh ini kita memiliki dua buah nilai barang dengan nama mouse dan keyboard masing-masing pada cell A1 dan A2 serta jumlah dari masing-masing barang tersebut yang ada di cell B1 dan B2. Lalu kita memiliki cell dengan nama total barang pada cell A3.

Untuk mendapatkan jumlah total barang tersebut, kalian hanya tinggal menuliskan tanda = di cell A4 lalu pilih Cell B1 dilanjutkan dengan tanda + serta pilih lagi Cell B2 dan tekan Enter, nanti hasil penjumlahan total barangnya akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.

Advertisements

Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan di Excel 2016

Melakukan Penjumlahan Menggunakan Tombol Sigma

Selain menggunakan cara diatas, kalian juga bisa melakukan proses penjumlahan di microsoft Excel dengan menggunakan tombol sigma, caranya pun sangat mudah karena kalian hanya perlu menekan tombol sigma seperti contoh pada gambar dibawah ini.

Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan di Excel 2016

Melakukan Pengurangan di Excel 2016

Untuk melakukan proses pengurangan di Excel 2016 caranya tidak jauh berbeda dengan melakukan proses penjumlahan. Misalnya pada contoh pengurangan di excel ini kita memiliki data Harga Jual dan Harga Beli masing-masing pada cell A1 dan A2.

Selanjutnya pada cell A3 kita memiliki data Untung yang didapat dari pengurangan harga jual yang ada di cell A1 dengan harga beli yang ada di cell A2. Cukup menuliskan tanda = di Cell B3 diikuti dengan memilih cell B1 dikurangi cell B2 maka akan didapat pengurangan di cell B3. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini.

Advertisements

Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan di Excel 2016

Oke jadi seperti itulah bagaimana cara melakukan penjumlahan dan pengurangan di Excel 2016. Semoga tutorial sederhana ini dapat membantu kalian yang baru belajar mengenai Microsoft Excel. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial Microsoft Excel lainnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count Di Microsoft Excel

Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count Di Microsoft Excel 2016

Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count Di Microsoft Excel 2016 Lebakcyber.net – Pada kesempatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *