Sunday , December 16 2018
Home / The Lounge / Intermezzo / Manfaat Tidak Menggunakan Media Sosial

Manfaat Tidak Menggunakan Media Sosial

foto : Internet

Manfaat Tidak Menggunakan Media Sosial

lebakcyber.net – Bagi para penggunanya, media sosial bisa diibaratkan sebagai pedang bermata dua. Media sosial bisa menjadi sumber inspirasi, namun bisa juga membawa pengaruh buruk kepada para penggunanya. Dan berikut ini adalah manfaat tidak menggunakan media sosial yang bisa kamu dapatkan kalau berhenti bermain media sosial.

Biasanya, kalau kamu terlalu lama membuka media sosial kamu akan kehilangan banyak waktu yang berharga untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Kalau sudah berlebihan dalam bermain media sosial dan lebih sering menghabiskan waktu di dunia maya, mungkin kamu patut mencoba detox medsos atau sebutan lainnya adalah puasa media sosial.

Untuk percobaan awal, kamu bisa menjajal dalam waktu satu minggu penuh. Dan seiring berjalannya waktu kamu dipercaya bisa merasakan lima manfaat tidak menggunakan media sosial berikut ini.

Tidur Lebih Nyenyak

Siapa diantara kalian yang sering membuka media sosial sebelum tidur? Faktanya, cahaya yang dipancarkan dari layar smartphone atau komputer bisa mengganggu produksi hormon melatonin pada tubuhmu. Padahal hormon tersebut memiliki tanggung jawab agar bisa membuatmu tertidur.

Kebiasaan itulah yang membuat kamu susah tidur cepat. karena itu ada baiknya untuk mencoba agar tidak menggunakan media sosial pada saat ingin tidur.

Mengurangi Kekhawatiran

Kalau terlalu berlebihan menggunakan media sosial, biasanya kamu akan cenderung dilanda kecemasan kalau sebentar saja kamu tidak membuka media sosial.

Untuk menangani obsesi terhadap media sosial memang tidak begitu mudah. Tapi kalau kamu berusa mencobanya, setidaknya dengan tidak terlalu sering membuka media sosial bisa mengendalikan kecemasanmu dan membiasakan diri untuk tidak ketergantungan mencari kabar melalui media sosial.

Bisa Mengurangi Rasa Cemas

Berlebihan dalam menggunakan media sosial sudah pasti tidak baik untukmu. Terus-terusan melihat unggahan orang lain bisa membuat diri kamu sering membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain yang terlihat lebih bahagia di foto.

Menurut salah seorang profesor psikologi dari Kent State University, dengan beristirahat dari media sosial bisa membantu mengurangi kecemasan yang berlebihan bahkan sampai depresi.

Menggunakan Waktu Luang Untuk Hal Positif

Kalau kamu terlalu sering menghabiskan waktu dengan bermain media sosial, dapat dipastikan saat jauh dari media sosial tersebut kamu akan punya banyak waktu luang untuk merenungkan hal-hal yang dulunya sempat tertunda untuk kamu lakukan. Dengan begitu waktu luangmu juga akan semakin bertambah.

kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk melakukan aktivitas sederhana dan seru seperti makan bersama keluarga, nongkrong bareng teman, membaca buku atau menghabiskan waktu dengan kekasih tercinta tanpa harus mengkhawatirkan update medsos.

Irit Kuota Internet

Mungkin yang terakhir ini gak perlu dibahas lebih dalam ya, pastinya kalau kamu puasa media sosial, dapat dipastikan kalau kuota internet kamu tidak akan cepat habis deh.

Daripada uang kamu selalu kamu habiskan untuk membeli paket internet, ada baiknya kalau uangnya kamu simpan untuk membeli sesuatu yang lebih berguna dan bermanfaat dan bisa kamu gunakan saat keperluan mendadak.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *