Thursday , October 17 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Malware Skygofree Mampu Membaca Pesan WhatsApp

Malware Skygofree Mampu Membaca Pesan WhatsApp

foto : memeburn.com

Malware Skygofree Mampu Membaca Pesan WhatsApp

lebakcyber.net – Kaspersky yang merupakan salah satu perusahaan keamanan komputer baru-baru ini menemukan spyware baru yang dinyatakan sebagai malware smartphone paling kuat dan canggih yang pernah ada yaitu Skygofree. Malware Skygofree mampu membaca pesan WhatsApp dan juga mengambil foto serta audio yang ada di WhatsApp.

Walaupun pihak Kaspersky menemukan malware Skygofree tersebut pada akhir tahun 2017 lalu, namun sebenarnya malware tersebut sudah ada sejak tahun 2014. Dan yang membuat malware ini berbahaya adalah bagaimana cara dirinya menyebarkan diri.

Skygofree melakukan proses pendistribusian malwarenya dengan cara membuat situs palsu yang dirancang sedemikian rupa agar terlihat seperti operator seluler. Skygofree juga diiklankan sebagai software yang dirancang untuk dapat meningkatkan kecepatan internet bagi siapa saja yang menggunakan software tersebut.

Advertisements

Mengapa Skygofree Begitu Berbahaya?

Beberapa hal yang membuat Skygofree menjadi salah satu malware paling berbahaya adalah kemampuannya untuk mencari lokasi dari perangkat yang sudah terinfeksi. Dan juga Skygofree mampu menyalakan mikrofon untuk merekam audio saat seseorang memasuki tempat baru.

Skygofree juga mampu masuk kedalam jaringan WiFi yang dikendalikan oleh para hacker, dan hal ini dapat terjadi saat kamu menonaktifkan WiFi diperangkat yang terinfeksi malware tersebut. Hal ini tentu saja bisa sangat berbahaya karena ada kemungkinan hacker mampu meretas password sampai informasi pribadi yang ada didalam perangkat yang terinfeksi tersebut.

Walaupun hanya ditemukan beberapa perangkat yang sudah terinfeksi dari malware Skygofree tersebut dan semuanya berasal dari Italia, namun para pengguna Android dimanapun termasuk di Indonesia tetap harus berhati-hati dan disarankan hanya mendownload aplikasi dari situs resmi agar mewaspadai serangan dan bahaya malware yang banyak beredar di internet.

Advertisements

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Banyak Aplikasi Berisi Malware di Play Store

Banyak Aplikasi Berisi Malware di Play Store

Banyak Aplikasi Berisi Malware di Play Store lebakcyber.net – Banyak aplikasi berisi malware di Play …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *