Sunday , September 19 2021
Home » Linux » Make Delete Move Copy dan Rename File Melalui Terminal Linux

Make Delete Move Copy dan Rename File Melalui Terminal Linux

Make Delete Move Copy dan Rename File Melalui Terminal Linux

lebakcyber.net – Make delete move copy dan rename file melalui terminal Linux. Kalau kita menggunakan sistem operasi Linux baik itu untuk pekerjaan sehari-hari ataupun untuk pengelolaan sebuah server, tidak ada salahnya kalau kita mempelajari perintah-perintah dasar yang bisa digunakan pada terminal Linux.

Mungkin saat pertama kali mencobanya akan terasa sedikit membingungkan atau bahkan menyeramkan. Tapi santai, kalau teman-teman sudah mencobanya dan mendapat bimbingan yang tepat, dengan sedikit latihan menggunakan perintah pada terminal Linux pasti tidak akan membingungkan lagi.

Membuat Sebuah Folder Di Terminal Linux

Disini kita coba untuk membuat sebuah folder dengan menggunakan terminal Linux, untuk membuat sebuah folder teman-teman harus memasukan perintah mkdir yang diikuti dengan nama file yang teman-teman inginkan, misalnya kita ingin membuat sebuah folder dengan nama testing, maka perintahnya seperti dibawah ini :

Advertisements
mkdir testing

Nanti sebuah folder dengan nama testing akan dibuat, jadi untuk membuat sebuah folder, teman-teman hanya perlu memasukan perintah mkdir yang diikuti dengan nama foldernya seperti diatas.

Merubah Nama File Di Terminal Linux

Untuk merubah nama file dengan menggunakan terminal pada Linux. Untuk merubah nama file, teman-teman bisa menggunakan perintah mv yang diikuti dengan file yang ingin dirubah namanya dan juga diikuti dengan nama baru dari file tersebut. Sebagai contoh misalnya kita ingin merubah nama folder testing tadi menjadi lebakcyber, maka perintahnya seperti dibawah ini :

Advertisements
mv testing lebakcyber

Setelah memasukan perintha diatas, maka nantinya folder yang sebelumnya bernama testing maka akan berubah menjadi folder dengan nama lebakcyber.

Copy File Di Terminal Linux

Sekarang kita akan mencoba untuk mengcopy sebuah file atau folder dengan menggunakan terminal pada Linux. Teman-teman bisa menggunakan perintah cp -i yang diikuti dengan nama file yang ingin dicopy diikuti dengan nama file atau folder baru yang diinginkan.

Misalnya teman-teman ingin mengcopy folder lebakcyber dan merubah namanya menjadi lebakcyber.net, maka perintah pada terminal Linuxnya seperti dibawah ini :

cp -r lebakcyber lebakcyber.net

Nantinya akan ada dua buah folder dengan nama lebakcyber dan lebakcyber.net yang merupakan hasil copy dari folder bernama lebakcyber.

Memindahkan File Menggunakan Terminal Linux

Memindahkan file sama dengan melakukan copy file, teman-teman hanya perlu memasukan perintah mv yang diikuti dengan nama file atau folder yang ingin dipindahkan dan juga lokasi kemana file tersebut akan dipindahkan.

mv lebakcyber/ ../lebakcyber/

Perintah diatas akan memindahkan folder lebakcyber ke folder atas dari folder sebelumnya dimana folder lebakcyber tersebut disimpan.

Menghapus File Menggunakan Terminal Linux

Menghapus file dengan menggunakan terminal Linux caranya sangat mudah dan biasanya menggunakan perintah rm (yang merupakan singkatan dari remove) untuk menghapus sebuah file, misalnya kita ingin menghapu sebuah folder bernama lebakcyber.net yang sebelumnya sudah kita buat didalam folder Document, maka perintahnya seperti dibawah ini :

root@virdane-linuc:/home/virdane/Documents# rm -r lebakcyber.net

Jadi kita bisa menggunakan perintah rm -r lebakcyber.net untuk menghapus folder pada terminal Linux, atau cukup dengan perintah rm yang diiktui nama file yang ingin dihapus.

Oke jadi itulah beberapa perintah dasar Make Delete Move Copy dan Rename File Melalui Terminal Linux yang bisa digunakan untuk membuat, merubah nama, memindahkan, mengcopy dan juga menghapus file atau folder dengan menggunakan terminal pada sistem operasi Linux.

Semoga tutorial sederhana ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar perintah dasar terminal Linux dan sampai jumpa lagi di tutorial-tutorial lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *