Saturday , June 15 2024

LibreOffice 7.5 Dirilis Dengan Berbagai Fitur Baru

LibreOffice 7.5 Dirilis Dengan Berbagai Fitur Baru

LibreOffice 7.5 Dirilis Dengan Berbagai Fitur Baru

lebakcyber.net – LibreOffice 7.5 Dirilis Dengan Berbagai Fitur Baru. Update ini tiba sesuai jadwal, enam bulan setelah rilis LibreOffice 7.4, yang menjadi rilis penting karena memperkuat kompatibilitas antara Suite dengan berkas Microsoft Office. Pada LibreOffice 7.5, pengembang melanjutkan pekerjaan tersebut, menyediakan sejumlah perbaikan besar, dan menambahkan fitur baru yang kuat.

LibreOffice 7.5 merupakan hasil dari kontribusi 144 orang pengembang yang mengembangkan aplikasi perkantoran tersebut. Untuk informasi lebih lanjut mengenai apa yang baru pada LibreOffice 7.5, silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

Fitur Baru LibreOffice 7.5

Perubahan paling mencolok yang bisa Anda lihat pada LibreOffice 7.5 ini sekarang telah memiliki ikon aplikasi baru. Ini baru tersebut adalah pengganti yang bisa dibilang sangat berani dan juga memiliki warna yang berwarna-warni, yang menurut pandangan saya pribadi, sangat cocok dengan tren modern seperti sekarang ini. Ikon tersebut tentu saja tidak mempengaruhi kemudahan penggunaan dalam menggunakan LibreOffice, namun juga bisa membantu pengguna untuk mendapatkan kesan pertama yang lebih baik. Perubahan ikon tersebut juga membuat aplikasi LibreOffice terlihat lebih segar.

Para penggemar GNOME juga mungkin akan menyadari set ikon Sifr yang dibuat menjadi lebih melengkung (namun tidak diaktifkan secara default), yang sudah diperbarui dan juga lebih cocok dengan gaya ikon Adwaita.

Paraa pengembang LibreOffice juga sudah memperbaiki dukungan tema dengan mode gelap dan kontras yang tiggi pada seluruh aplikasi; hadirnya fitur untuk menggunakan gestur putar dan juga perbesar dengan menggunakan touchpad serta menambahkan versi “diperbaiki” dari User Interface Single Toolbar bagi pengguna yang lebih memilih menggunakan suite tersebut.

Pada Linux, scrollbar LibreOffice sekarang sudah mendukung fitur “smooth scrolling”. Dimana pengguna bisa menekan lama pada scrollbar (atau tekan shift dan klik) untuk melakukan scrolling yang lebih “presisi” pada saat membuka sebuah dokumen.

LibreOffice 7.5 Dirilis Dengan Berbagai Fitur Baru
LibreOffice 7.5 Dirilis Dengan Berbagai Fitur Baru

Fitur untuk ekspor PDF juga memperoleh berbagai perbaikan, plus pilihan untuk bisa memasukkan emoji warna serta jenis font menggunakan lapisan warna atau bitmap warna, memasukkan font variabel dengan variasi font diterapkan pada bentuk glyphe, dan pengguna juga bisa memilih untuk mengekspor komentar pada margin halaman.

Di sisi lain, Writer membuat fitur bookmark menjadi lebih terlihat, mendukung penandaan objek halaman sebagai dekoratif, menambahkan pemeriksa aksesibilitas baru, memperkuat pemeriksa ejaan, dan menawarkan terjemahan mesin dari teks menggunakan API DeepL translate (ini dinonaktifkan secara default dan membutuhkan kunci API).

Calc mendukung tabel data dalam grafik, membuat pemformatan kondisional tidak peka besar kecil, dan menambahkan format nomor “terucapkan”.

Untuk Impress dan juga Draw memperoleh gaya tabel default baru serta dukungan untuk membuat gaya kustom sesuai keinginan pengguna yang memungkinkan pengguna bisa menyeret dan meletakkan objek di navigator, dan juga memungkinkan pengguna untuk menjalankan ‘konsol presenter’ sebagai jendela normal dan bukan sebagai sebuah layar penuh.

Link Download LibreOffice 7.5

Untuk mendownload LibreOffice versi 7.5, silahkan masuk ke situs LibreOffice. LibreOffice 7.5 sendiri merupakan sebuah aplikasi opensource dan juga gratis yang bisa di gunakan pada berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows dan juga macOS.

Bagi pengguna sistem operasi Ubuntu sudah bisa menggunakan LibreOffice karena sudah terinstall secara default saat melakukan instalasi sistem operasi Ubuntu, namun jika belum melakukan proses update pada sistem operasi Ubuntu tersebut, kemungkinan versi LibreOffice yang digunakan masih yang versi sebelumnya.

Oleh karena itu, bagia kalian yang ingin menginstall Libre Office 7.5, silahkan download melalui link diatas atau dengan melakukan proses update dan upgrade pada sistem operasi Ubuntu yang kalian gunakan.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *