Tuesday , March 31 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Larry Tesler Sang Penemu Copy Cut Paste Meninggal

Larry Tesler Sang Penemu Copy Cut Paste Meninggal

foto : rajalistrik

Larry Tesler Sang Penemu Copy Cut Paste Meninggal

lebakcyber.net – Larry Tesler sang penemu copy cut dan paste meninggal. Nama ilmuwan Larry Tesler mungkin bagi kebanyakan masyarakat dunia kurang begitu dikenal jika dibandingkan dengan nama-nama besar pada bidang teknologi lainnya seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg atau Steve Jobs.

Namun sebenarnya nama Larry Tesler sangat memiliki kontribusi yang besar dalam industri teknologi yang mampu membuat perangkat komputer dan juga seluler menjadi lebih mudah digunakan seperti sekarang ini.

Dikutip dari halaman Apple Insider, Kamis (20/02/2020) Larry Tesler meninggal di umur 74 tahun tepatnya pada hari senin tanggal 19 Februari 2020 waktu setempat.

Advertisements

Sebelum dirinya bergabung dengan Xerox pada tahun 1973, Larry memulai karirnya pada tahun 1960-an sebagai seorang programmer dan juga peneliti di Stanford AI.

Selama bekerja di Xerox, salah satu temuannya adalah sesuatu yang sebenarnya sekarang ini sangat sering kita gunakan namun banyak dilupakan oleh banyak orang siapa sebenarnya yang menciptakan fitur tersebut.

Advertisements

Bersama dengan rekan kerjanya di Xerox, Tim Mott, Larry berhasil menciptakan fitur yang sering kita gunakan sekarang ini, yaitu perintah copy, cut dan paste.

Walaupun dirinya tidak menemukan ide dasar untuk dapat memindahkan teks digital dari satu tempat ke tempat lainnya, namun Larry-lah sebenarnya yang menciptakan metode khusus dan juga penamaan perintah tersebut sampai sekarang ini.

Sempat Bergabung dengan Apple

Larry Tesler sempat bergabung dengan perusahaan Apple pada tahun 1980. Dan dirinya merupakan salah satu sosok yang pertama kali memberikan kontribusi terhadap pengembangan komputer Lisa buatan Apple.

Bukan itu saja, dirinya juga ikut bertanggung jawab terhadap peningkatan tampilan user interface (antarmuka) dibandingkan dengan yang sudah ada sebelumnya, dan mengarah kepada fitur perintah Copy dan Paste.

Pada tahun 1986 lalu, Larry Tesler sempat diangkat menjadi VP of Advanced Technology di perusahaan Apple dan juga sempat dipromosikan menjadi VP and chief scientist pada tahun 1993.

Kita sudah sepatutnya menghormati sosok seorang Larry Tesler, tanpa dirinya, kita tidak akan memiliki fitur Copy, Cut dan Paste seperti yang sering kita gunakan sekarang ini.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *