Tuesday , March 26 2019
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Langkah Pengamanan Data Dari Serangan Petya

Langkah Pengamanan Data Dari Serangan Petya

gambar : blog.avast.com

Langkah Pengamanan Data Dari Serangan Petya

Lebakcyber.net – Seperti kita ketahui, beberapa hari kebelakang kemabali hadir ransomware baru dengan nama Petya yang dapat mengunci data yang tersimpan didalam komputer dan meminta sejumlah uang tebusan jika ingin data yang terkunci tersebut dapat kembali dibuka. Karena itu sebaiknya selalu lakukan langkah pengamanan data dari serangan Petya agar tidak terkena serangan ransomware Petya.

Para analis keamanan cyber mengatakan bahwa ransomware petya jauh berbahaya daripada ransomware sebelumnya yaitu WannaCry. WannaCry sendiri sempat membuat panik beberapa negara saat melakukan serangannya, termasuk juga Indonesia beberapa bulan lalu.

Untuk menghindari serangan petya kurang lebih sama dengan penanganan ransomware menyerang. Berikut ini adalah cara cara pengamanan data agar terhindar dari serangan ransomware Petya.

Langkah Pengamanan Agar Terhindar Dari Ransomware Petya

  1. Lakukan Backup Data Ke Storage atau media penyimpanan terpisah
  2. Pengelola IT / Administrator sebaiknya menonaktifkan atau mencabut jaringan lokal (LAN) sampai dipastikan semua aman

Selain itu untuk masyarakat umum agar terhindar dari serangan ransomware Petya atau yang memiliki nama lain NotPetya atau GoldenEye ini agar selalu melakukan backup data, gunakan sistem operasi asli / orisinil dan update antivirus secara berkala.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *