Wednesday , January 23 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Kominfo Tidak Puas Jawaban Facebook Indonesia

Kominfo Tidak Puas Jawaban Facebook Indonesia

foto : internet

Kominfo Tidak Puas Jawaban Facebook Indonesia

lebakcyber.net – Facebook Indonesia sudah memberikan respon terkait panggilan dari Kominfo, namun belum memenuhi semua permintaan dari pemerintah Indonesia mengenai penyalahgunaan data pengguna dan kominfo tidak puas jawaban Facebook Indonesia seperti yang diminta oleh pemerintah Indonesia.

Sesuai dengan surat tertanggal 10 April 2018 yang ditujukan kepada Menteri Kominfo Rudiantara dengan tembusan kepada Ketua Komisi 1 DPR RI Abdul Kharis Almasyahri, kementrian Kominfo menegaskan terdapat dua penjelasan yang belum disampaikan oleh pihak Facebook.

Yaitu Facebook belum memberi tahu tindakan apa yang dilakukan oleh Facebook terhadap bentuk informasi dan bagaimana cara pemberitahuan penyalahgunaan data pengguna, sebagai bentuk early warning dalam platform Facebook yang dapat membantu pengguna.

Belum dijelaskan juga mengenai potensi penyalahgunaan data pengguna Facebook yang selayaknya diketahui oleh pengguna berupa notifikasi kepada Kominfo mengenai potensi-potensi penyalahgunaan data pribadi yang berasal dari platform aplikasi pihak ketiga.

Kominfo juga menegaskan kepada pihak Facebook agar mematuhi legislasi atau regulasi yang berlaku di Indonesia. Oleh karena itu Kominfo membutuhkan penjelasan mengenai struktur tanggung jawab dari Facebook, ketika terjadi penyalahgunaan data atau diciderainya data pribadi pengguna Facebook dari Indonesia.

Karena Kominfo mengatakan dimanapun penanggung jawab Facebook berada, tetap dapat diterapkan yurisdiksi virtual terhadap legislasi atau regulasi di Indonesia.

Sejauh ini pihak Facebook hanya baru merespon atas surat peringatan yang diberikan dan keinginan untuk membantu secara sukarela.

Dalam jawaban yang disampaikan oleh Kepala Perlindungan Data dari Facebook Irlandia melalui email itu, dinyatakan bahwa perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini berupaya menjelaskan langkah yang telah diambil.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *