Friday , October 18 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Kominfo Sudah Blokir 800 Ribu Situs Negatif

Kominfo Sudah Blokir 800 Ribu Situs Negatif

foto : techworm.net

Kominfo Sudah Blokir 800 Ribu Situs Negatif

lebakcyber.net – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sejak tahun 2015 sudah melakukan kerja sama dengan layanan internet seperti Facebook dan Twitter dalam hal menyaring dan membuat daftar konten positif. Namun sayangnya sampai saat ini, situs negatif masih mendominasi. Namun kominfo sudah blokir 800 ribu situs negatif sejak tahun 2015 lalu.

Sejak tahun 2015 tersebut, kominfo sudah berhasil memasukan 800 ribu situs kedalam daftar hitam konten Trust Positif. Semua situs tersebut sudah diblokir dan tidak dapat diakses. Sedangkan untuk daftar konten positif jumlahnya masih terbilang sedikit dan kalah jauh dibandingkan dengan situs yang memiliki konten negatif, yaitu hanya sebanyak 250 ribu website.

Rudiantara selaku menteri Kominfo mengatakan bahwa dirinya optimis jika website dengan konten positif akan bisa bertambah jumlahnya, dan peningkatan yang signifikan diperkirakan akan terjadi dalam waktu 2-3 tahun kedepan.

Advertisements

“Saya yakin karena ini baru dua tahun, ini mungkin dalam waktu 2-3 tahun mudah-mudahan jumlah positif listnya sudah melebihi jumlah negatif list,” ujar Rudiantara dalam video yang ditampilkan di seminar Indonesia Technology Forum Senin (28/8/2017) di Jakarta.

Rudiantara juga menjelaskan Positif List yang dimaksud adalah situs situs yang layak diakses untuk membantu pendidikan yang aman dan baik untuk anak baik itu  disekolah ataupun dirumah. Sementara Negative List adalah daftar situs yang berisi SARA,Pornografi, narkoba, berita hoax, terorisme dan sebagainya.

Untuk dapat memerangi konten negatif, pemerintah melakukan metode hulu hingga hilir. Sistem ini melibatkan semua elemen bangsa mulai dari pemerintah sampai masyarakat disemua kalangan. Tidak lupa pemerintah juga bekerja sama dengan perusahaan internet raksasa seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain.

Advertisements

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Cara Kominfo Tangani Hoax Jelang Pemilu

Cara Kominfo Tangani Hoax Jelang Pemilu

Cara Kominfo Tangani Hoax Jelang Pemilu lebakcyber.net – Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *