Saturday , June 15 2024

Kini Zoom Dilengkapi AI

Kini Zoom Dilengkapi AI

Kini Zoom Dilengkapi AI

lebakcyber.net – Kini Zoom Dilengkapi AI. Zoom yang merupakan aplikasi video telekomunikasi baru-baru ini merilis fitur baru yang diberinama “AI Companion”.

AI Companion itu sendiri merupakan sebuah fitur yang berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang bisa mempermudah para penggunanya pada saat menggunakan beragam layar pada aplikasi Zoom desktop.

Smita Hashim selaku Chief Production Zoom dalam blog resminya mengatakan kalau asistem kecerdasan buatan tersebut sudah hadir pada layanan Zoom Team Chat dan juga Zoom Meeting.

Saat menggunakna Zoom Meeting para pengguna dapat menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat rangkuman pembahasan dari rapat online yang sedang dilakukan.

Pada sebuah video demo yang dirilis oleh pihak Zoom, para pengguna Zoom juga dapat menanyakan beberapa hal secara spesifik ke kecerdasan buatan tersebut yang nantinya akan menyediakan beberapa pilihan pertanyaan mengenai isi dari rapat.

Contohnya saja peserta Zoom menanyakan siapa saja yang masih belum melakukan presentasi sampai apakah terjadi sebuah perbedaan pendapat mengenai sebuah isu tertentu.

Selanjutnya nanti fitur AI Companion tersebut akan memberikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Jadi pengguna atau yang mengikuti rapat Zoom masih tetap dapat mengikuti rapat walaupun datang terlambat.

Fitur AI Companion di Zoom juga dapat menyusul hasil ringkasan dari rapat online yang sudah selesai. Jadi seandainya peserta tidak sempat mengikuti Zoom meeting, peserta tersebut masih bisa membaca ringkasan dari hasil meeting yang dilakukan. Isinya sendiri berupa transkrip mengenai siapa berkata apa, menguraikan langkah selanjutnya dari hasil rapat dan juga menyoroti topik penting pada saat rapat.

Selain itu juga AI Companion dapat menghasilkan sebuah rekaman rapat online yang sangat canggih atau disebut juga smart recording. Bukan hanya sebuah video biasa, namun AI Companion mampu membagi video ke beberapa bagian bab penting sesuai dengan timestampsnya atau stempel waktunya.

Sedangkan untuk layanan Zoom Team Chat, para pengguna dapat mengandalkan AI Companion untuk membuat sebuah draft pesan obrolan yang didasarkan kepada koteks pembicaraan, sehingga bisa menyesuaikan panjang dan juga nada dari isi pesan.

Hashim sendiri juga mengunkapkan mengenai kemampuan dari AI Companion yang telah dijelaskan diatas sudah bisa digunakan oleh para pengguna Zoom berbayar mulai tanggal 05/09/2023 nanti.

Namun untuk sementara ini pihak Zoom mengatakan kalau AI Companion tidak akan tersedia untuk pelanggan yang berada di suatu wilayah tertentu. Tapi pihak Zoom juga tidak mengatakan secara terperinci pelanggan yang berada di daerah mana saja yang bisa mengguna fitur AI Companion tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *