Friday , October 30 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Kesalahan Saat Menggunakan Password

Kesalahan Saat Menggunakan Password

foto : Pixabay

Kesalahan Saat Menggunakan Password

lebakcyber.net – Kesalahan saat menggunakan Password. Memasukan kata sandi atau password agar dapat mengakses salah satu dari berbagai layanan yang kita gunakan sudah menjadi bagian pada kehidupan kita sehari-hari.

Kita juga sering untuk membuat password yang lebih sederhana dengan tujuan agar password tersebut menjadi lebih mudah diingat dan mempercepat proses login pada saat ingin megakses suatu layanan.

Namun langkah tersebut ternyata malah menjadi salah satu faktor dari banyak kesalahan yang sering kita lakukan pada saat menggunakan identitas digital kita.

Advertisements

Dalam rangka untuk memperingati Hari Kata Sandi Dunia yang biasanya jatuh pada hari Kami di minggu pertama bulan Mei, ESET mengatakan bahwa ada lima kesalah yang seringkali kita lakukan pada saat menggunakan sebuah kata sandi.

Menggunakan Kata Sandi Yang Sama

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan kata sandi yang sama. Para pengguna biasanya menggunakan satu password yang sama untuk berbagai layanan, apalagi kalau pengguna tersebut memiliki akun di banyak layanan yang berbeda.

Advertisements

Berdasarkan hasil yang dilakukan oleh Google, sebanyak 52 persen responden memilih untuk menggunakan password yang sama pada banyak akun yang mereka miliki. Dan sebanyak 13 persen masih menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun yang mereka miliki.

Sebaiknya kombinasikan password dengan mengganti huruf atau angka dan juga merubah huruf kecil menjadi huruf besar karena hal tersebut dapat membuat password yang kita miliki menjadi lebih kuat.

Password Terlalu Sederhana

Berdasarkan data yang dikumpulkan setiap tahunnya menunjukan informasi bahwa banyak orang yang membuat pilihan kata sandi yang sederhana dan juga sama secara berulang. Misalnya saja password “1234567” dan juga “password” adalah sebuah password yang masuk kedalam daftar lima kata sandi yang paling sering digunakan.

Selain kata-kata yang jelas dan juga pola yang sangat sederhana, salah satu kesalahan yang sering dibuat pengguna pada saat membuat sebuah kata sandi adalah dengan memasukan rincian kedalam kata sandi dari kehidupan pribadi penggunanya, misalnya saja seperti tanggal lahir.

Menyimpan Password Dalam Teks Biasa

Kesalahan lain yang sering dilakukan pengguna saat membuat password adalah mencatatnya di atas kertas atau sticky notes, selain itu menyimpan daftar password kedalam spreadsheet atau dokumen teks biasa di komputer atau smarpthone pengguna merupakan hal yang tidak direkomendasikan.

Karena seandainya perangkat anda terkena malware yang dapat menyalin data lalu mengirimkannya ke server mereka yang jauh disana, berarti pelaku tersebut bisa mengakses semua akun sebelum kalian menyadari bahwa data password kalian sudah dicuri.

Berbagi Password

Berbagi password untuk berbagai layanan, misalnya saja layanan streaming, akun media sosial ataupun akun email dan bahkan untuk akun yang biasa digunakan untuk berbelanja online.

Kalau membagikan password pada satu platform belanja online yang bisa kalian gunakan dan juga metode pembayaran yang kalian simpan, maka orang yang memiliki akses terhadap kredensial tersebut bisa dengan mudah membuat tagihan kartu kredit yang dapat menimbulkan masalah yang besar.

Itulah beberapa kesalahan saat menggunakan password yang sampai sekarang ini masih banyak dilakukan oleh orang-orang pada saat ingin masuk kedalam suatu layanan tertentu. Ada baiknya kalian menghindari kesalahan-kesalahan diatas agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *