Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » News » Kerumunan Warga Ditengah Pandemi Dirilis Apple

Kerumunan Warga Ditengah Pandemi Dirilis Apple

Kerumunan Warga Ditengah Pandemi Dirilis Apple

lebakcyber.net – Kerumunan warga ditengah pandemi dirilis Apple. Hampir seluruh negara di dunia saling berjibaku untuk melawan penyebaran dari pandemi Covid-19.

Tidak sedikit negara yang mulai memberlakukan lockdown atau bisa disebut juga sebagai karantina wilayah, sementara beberapa negara lainnya memberikan anjuran untuk isolasi mandiri di rumah.

Apple juga turut ikut serta dalam upaya menekan penyebaran dari wabah tersebut dengan cara melacak seberapa besar penurunan dari jumlah kerumunan pada sebuah wilayah setelah adanya himbauan untuk melakukan isolasi.

Advertisements

Informasi mengenai kondisi di 63 negara tersebut sekarang sudah dibuka Apple kepada publik, dan Indonesia masuk kedalam salah satu wilayah yang ada dalam informasi data yang diberikan oleh Apple.

Berdasarkan hasil dari informasi tersebut diharapkan agar dapat digunakan oleh otoritas kesehatan setempat agar bisa mengukur seberapa efektif aturan dari isolasi terhadap penyebaran dari virus corona tersebut.

Advertisements

Pihak Apple juga mengatakan bahwa data ini tidak akan melakukan pelacakan terhadap individu ataupun lokasi dimana mereka berada.

Data tersebut didapat dari jumlah pengakses rute perjalan pada aplikasi Apple Maps yang terinstall pada semua perangkat iPhone.

Dan biasanya para pengguna menggunakan aplikasi Apple Maps sebagai petunjuk jalan di saat mengemudi, jalan kaki atau pada saat mencari rute untuk transportasi umum.

Data yang dipaparkan terhitung sejak tanggal 13 Januari 2020 tersebut sebagai baseline perbandingan. Pihak Apple sendiri selalu memperbarui laporannya setiap hari dan dapat diakses langsung melalui situs : https://www.apple.com/covid19/mobility

Berdasarkan hasil pantauan dari data tersebut, di Indonesia terdapat penurunan jumlah pejalan kaki sebesar 45 persen dan juga pengemudi sebesar 57 persen pada periode yang sama.

Pemerintah Indonesia sendiri memang mulai menghimbau kepada para masyarakatnya agar belajar, bekerja dan juga beribadah di rumah saja sejak tanggal 16 Maret 2020 lalu.

Walau begitu, pihak Apple tidak memberikan jumlah spesifik yang ada pada grafik data yang mereka berikan. Hasil data dari Apple tersebut sedikit banyak mirip dengan data yang juga di publish oleh Google beberapa waktu yang lalu.

Data Google mengatakan bahwa pusat-pusat keramaian yang ada di Indonesia menurun sampai kurang lebih 50 persen dibandingkan biasanya semenjak diberlakukannya physical distancing. Berbeda dengan Apple, data negara yang sudah berhasil di dapatkan oleh Google mencapai 131 negara.

Google mengumpulan data dari berbagai pengguna anonim yang mengaktifkan fitur “Location History” pada perangkat Android yang mereka gunakan.

Sama dengan Apple, pihak Google juga mengatakan bahwa mereka tidak mengambil data pribadi para penggunanya karena proses pengumpulan data yang Google lakukan mirip dengan apa yang sudah mereka terapkan pada aplikasi seperti Google Maps.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Apple Beli Startup Kecerdasan Buatan

Apple Beli Startup Kecerdasan Buatan

Apple Beli Startup Kecerdasan Buatan lebakcyber.net – Apple beli startup kecerdasan buatan. Perusahaan Apple kembali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *