Sunday , July 5 2020
Home » The Lounge » News » Kenapa Zoom Lebih Baik Dibandingkan Google Meet

Kenapa Zoom Lebih Baik Dibandingkan Google Meet

foto : Guilding Tech

Kenapa Zoom Lebih Baik Dibandingkan Google Meet

lebakcyber.net – Kenapa Zoom lebih baik dibandingkan Google Meet. Pengumuman pemerintah mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB agar dapat menghentikan penyebaran dari Covid-19 mau tidak mau membuat masyarakan agar tetap berada di rumah saja.

Tapi kebutuhan akan bertatap muka baik dalam hal pekerjaan, silaturahmi sampai melakukan meeting masih menjadi satu keharusan.

Oleh sebab itu, aplikasi video call menjadi salah satu kebutuhan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB tersebut seperti sekarang ini.

Advertisements

Sekarang ini ada dua buah aplikasi yang sedang populer, yaitu Zoom dan juga Google Meet. Kedua aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun secara keseluruhan, Zoom lebih unggul kalau dibandingkan dengan Google Meet. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.

Advertisements

Dapat Melakukan Video Conference Sampai 500 Orang Dalam Satu Kali Meeting

Salah satu keunggulan Zoom dibandingkan dengan aplikasi Google Meet adalah, aplikasi Zoom bisa melakukan meeting sampai 500 orang dalam satu acara video conference yang sama.

Sedangkan di aplikasi Google Meet hanya membatasi sampai 250 orang setiap video conferennya untuk paket bisnis. Sedangkan untuk paket Zoom Bussines, Zoom bisa menawarkan sampai 300 orang lebih pada satu kali panggilan.

Kalau dirasa kurang, pihak Zoom juga menyediakan paket Zoom Enterprise yang dapat mencapai 500 orang untuk setiap panggilannya. Yang artinya 2 kali lebih banyak dibandingkan penawaran dari Google Meet.

Selain itu, aplikasi Zoom lebih mudah digunakan oleh para penggunanya dibandingkan dengan aplikasi Google Meet yang disediakan oleh Google.

Transkrip Otomasi Pada Panggilan Yang Direkam

Sebenarnya Google Meet ataupun Zoom juga sama-sama memungkinkan bisa merekam panggilan yang sedang dilakukan.

Namun aplikasi Zoom masih lebih maju jika dibandingkan dengan Google Meet karena Zoom memiliki fitur transkrip otomatis.

Fitur tersebut hanya ada pada Zoom Enterprise dan juga Zoom Bussines. Penggunaan paket tersebut bisa mendapatkan transkrip otomatis dari rekaman yang disimpan didalam cloud.

Tentu saja fitur tersebut bisa berguna untuk orang lain ataupun pengguna yang ingin memiliki catatan mengenai meeting yang sedang dilakukan.

Dapat Merubah Tampilan Background Secara Otomatis

Zoom juga memiliki fitur untuk bisa merubah tampilan latar belakang atau background pada saat melakukan video conference dan itu juga menjadi keunggulan tersendiri dari aplikasi Zoom tersebut.

Zoom juga memungkinkan agar para penggunanya bisa merubah tampilan background sesuai dengan keinginan si pengguna tersebut, selain itu ada juga foto kostum atau apapaun.

Walaupun fitur tersebut tidak terlalu berpengaruh pada saat melakukan panggilan. Tapi sekarang fitur ini cukup bisa membantu para pengguna Zoom yang ingin terlihat lebih rapi.

Email Integrasi Yang Lebih Baik

Bagi pengguna Zoom gratis ataupun yang versi berbayarnya, semua memiliki integrasi penuh baik itu menggunakan Gmail, Outlook, Office 365 dan lain sebagainya.

Walaupun aplikasi Google Meet baru-baru ini juga memberikan penawaran yang sama untuk melakukan integrasi ke Gmail. Namun aplikasi Zoom sudah menawarkan hal tersebut sejak lama.

Fitur Lengkap Dengan Harga Murah

Zoom merupakan salah satu aplikasi video konferens mahal diluar sana, apalagi untuk paket Enterprise dan juga Bussinesnya. Sedangkan di sisi lain aplikasi Google Meet menawarkan hal tersebut secara gratis.

Kalau kita lihat fitur-fitur lengkap yang ditawarkan oleh Zoom, harga yang tersebut bisa dikatakan masih dalam batas yang wajar. Kalau dibandingkan dengan aplikasi lain yang menawarkan hal yang sama.

Jadi itulah beberapa alasa kenapa aplikasi Zoom dikatakan lebih baik jika dibandingkan dengan Google Meet. Bagaimana menurut kalian? kalau ada yang tidak setuju, langsung saja tinggalkan di kolom komentar ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Zoom Akan Berikan Enkripsi Yang Kuat

Zoom Akan Berikan Enkripsi Yang Kuat

Zoom Akan Berikan Enkripsi Yang Kuat lebakcyber.net – Zoom akan berikan enkripsi yang kuat. Aplikas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *