Thursday , December 20 2018
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Kemampuan Andalan Chip Snapdragon 845

Kemampuan Andalan Chip Snapdragon 845

foto : Internet

Kemampuan Andalan Chip Snapdragon 845

lebakcyber.net – Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya kalau Qualcomm sudah meresmikan chipset mobile terbarunya, Snapdragon 845 yang nantinya akan digunakan oleh smartphone kelas menengah keatas pada tahun 2018 mendatang. Dan berikut ini adalah kemampuan andalan chip Snapdragon 845 yang harus kamu ketahui.

Chip terbaru dari Qualcomm tersebut sudah dibekali dengan banyak fitur baru, mulai dari CPU dan GPU yang lebih baik serta dukungan Gigabit LTE dan pemrosesan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Pada acara Snapdragon Summit 2017 yang dilaksanakan di Hawai, Amerika Serikat, Qualcomm mengelompokkan fitur-fitur baru tersebut kedalam lima bagian utama yang menjadi andalan chip Snapdragon 845.

Immersion

Snapdragon 845 dikabarkan akan menghasilkan konten visual yang lebih memukau dengan paduan GPU Andreno 630 dan juga Image Signaling Processor (ISP) Spectra 280.

Dengan kombinasi dua komponen tersebut menghasilkan beberapa fitur baru, misalnya kemampuan untuk merekam video HD slow motion sampai 480 fps dan juga Multi Frame Noise Reduction untuk foto, peningkatan akselerasi VR dan AR dan juga Video Ultra HD premium yang memiliki kedalaman warna 10-bit.

Artificial Intelligence

Qualcomm juga menyiapkan Snadragon 845 sebagai pusat pengolahan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI). Pengolahan Artificial Intelligence di chipset Snapdragon 845 ini ditangani oleh trio CPU Kyro 385, GPU Adreno 630, dan DSP Hexagon 685.

Selain itu kinerja pengolahan AI Snapdragon 845 juga diklaim tiga kali lebih cepat jika dibandingkan dengan Snapdragon 835. Aneka kemungkinan baru terkait implementasi AI pun terbuka, mulai dari asisten personal yang lebih baik, sampai efek “bokeh” di foto tanpa perlu kamera ganda.

Keamanan

Di dalam chipset Snapdragon 845 sudah tertanam Secure Processing Unit (SPU), yang dibekali random number generator untuk membuat kunci dalam transaksi digital. Dengan menerapkan keamanan berbasis hardware, pihak Qualcomm mengklaim Snapdragon 845 lebih mampu menangkal serangan hacker dibanding chip terdahulu.

Konektivitas

Dibagian konektivitas yang merupakan salah satu bisnis utama dari perusahaan Qualcom juga tidak lupa dirombak. Snapdragon 845 menggunakan modem 4G LTE X20 terbaru dengan kecepatan transfer mencapai 1,2 Gbps, lewat 5x Carrier Agregation, 4×4 MIMO, dan License Assisted Access

Kinerja

Seperti yang sudah ada di Snapdragon 835, Qualcomm juga tetap menggunakan proses fabrikasi 10nm untuk Snapdragon 845, namun jeroannya dirombak. Core CPU kini menggunakan delapan inti Kryo 385, sementara GPU menjadi Adreno 630.

Qualcomm turut menambahkan cache level 3 untuk mendongrak performa lebih jauh. Walhasil, kinerja Snapdragon 845 pun diklaim lebih tinggi 30 persen dibandingkan Snapdragon 835, namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *