Tuesday , September 29 2020
Home » The Lounge » Sisi Gelap Internet » Kelompok Hacker Paling Berpengaruh di Tahun 2020

Kelompok Hacker Paling Berpengaruh di Tahun 2020

foto : Internet

Kelompok Hacker Paling Berpengaruh di Tahun 2020

lebakcyber.net – Kelompok hacker paling berpengaruh di tahun 2020. Dengan semakin canggihnya teknologi membuat banyak aktivitas sehari-hari sangat bergantung kepada internet dan juga jaringan nirkabel. Tapi dengan kebutuhan internet yang mendasar menjadikan kemanan di dunia siber semakin terus dipertanyakan.

Dengan tingginya Internet of Things yang jug disertai dengan kompleksitas politik dan juga teknologi membuat sebuah keamanan siber menjadi salah satu tantangan tersendiri sekarang ini.

Kekhawatiran mengenai keamanan di dunia siber tersebut tidak terlepas dari hadirnya beberapa kelompok hacker. Kelompok informal tersebut semakin tumbuh dengan subur sejak awal tahun 1980-an lalu dimana saat itu komputer rumahan baru diperkenalkan.

Advertisements

Kelompok tersebut berusaha untuk mengeksplorasi metode untuk melakukan pelanggaran pertahanan dan juga mengeksploitasi jaringan atau sistem komputer. Hal tersebut tentu saja dilakukan dengan tujuan tertentu, misalnya untuk memperoleh keuntungan, pengumpulan data dan juga informasi, sebagai bentuk protes sampai mengevaluasi kelemahan dari suatu sistem agar bisa menemukan pertahanan terhadap peretas atau hacker yang lebih potensial.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa kelompok hacker yang sangat terkenal dan juga paling berpengaruh di tahun 2020 ini.

Advertisements

Anonymous

Sampai sekarang ini Anonymous adalah kelompok hacker yang paling klasik dan juga paling modis. Kelompok Anonymous ini terkenal akibat berbagai serangan yang ditujukan kepada beberapa lembaga mili pemerintahan, gereja Scientology dan juga perusahaan.

Serangan-serangan kelompok tersebut seringkali dilancarkan kepada tokoh-tokoh politik, kelompok agama yang terlibat kasus korupsi sampai pemerintah asing.

Kelompok Anonymous ini sendiri pertama kali dibentuk pada tahun 2003 dan biasanya kelompok ini menampilkan anggotanya didepan umum sambil mengenakan topeng Guy Fawkes.

Lizard Squad

Kelompok Lizard Squad merupakan hacker black hat yang terkenal karena mereka sudah mengklaim beberapa serangan yang berhubungan dengan layanan game. kelompok Lizard Squad sendiri dibentuk pada tahun 2014 lalu dan memiliki taret utama server game dengan menggunakan metode serangan DDoS atau Distributed Denial of Service.

Beberapa game yang termasuk kedalam penyerangan kelompok Lizard Squad tersebut diantaranya adalah Play Station Networks, League of Legends, Destine dan juga Xbox Live. Selain itu kelompok ini juga mengkonfirmasi kalau kelompok mereka sudah melakukan serangan terhadap IP yang memiliki lokasi di Korea Utara dengan menggunakan metode DDoS sampai menyebabkan internet di Korea Utara tersebut mati.

Hacking Team

Hacking Team adalah kelompok hacker yang dikenal sebagai sebuah perusahaan teknologi yang memiliki basis di Milan. Perusahaan ini juga sudah melakukan penyerangan pada semua aspek, seperti pemerintahan, individu sampai perusahaan.

Perusahaan Hacking Team ini dilaporkan sudah menjual sebuah spyware ke 21 negara dan juga melakukan penyerangan kepada wartawan dan juga aktivis hak asasi manusia. Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2003 ini juga sudah mengumpulkan pendapatan sebesar 40 juta Euro.

Chaos Computer Club

Chaos Computer Club adalah kelompok asosiasi hacker paling besar di Eropa yang memiliki sekitar 7.700 anggota. Kelompok Chaos Computer Club ini memiliki fokus pada transparansi didalam pemerintahan, hak asasi manusia, informasi komputer dan juga akses informasi komputer.

Kelompok Chaos Computer Club ini juga mengklaim bahwa mereka sebagai komunitas galaksi berbentuk kehidupan yang terlepas dari jenis kelamin, usia, orientasi seksual, ras dan berjuang lintas batas untuk kebebasan informasi.

Kelompok ini memiliki kepercayaan kalau semua orang harus bisa bebas mendapatkan akses secara terbuka ke komputer.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Situs Untuk Belajar Hacking

Situs Untuk Belajar Hacking

Situs Untuk Belajar Hacking lebakcyber.net – Situs untuk belajar hacking. Sudah bukan rahasia lagi kalau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *