Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » Sisi Gelap Internet » Kelompok Hacker DarkHotel Serang China

Kelompok Hacker DarkHotel Serang China

Kelompok Hacker DarkHotel Serang China

lebakcyber.net – Kelompok hacker DarkHotel serang China. Kelompok hacker yang menamakan dirinya DarkHotel menyerang China. Para hacker tersebut menargetkan lembaga dan juga organisasi pemerintah yang berada di China.

Para hacker melakukan serangan siber tersebut dengan cara membobol server VPN agar dapat masuk kedalam sistem. Tindakan tersebut dilakukan untuk mengambil informasi lebih banyak mengenai wabah dari pandemi virus corona.

Aksi dari para peretas tersebut diketahui berdasarkan laporan perusahaan keamanan siber yang berasal dari China, Qihoo 360.

Advertisements

Berdasarkan laporan Qihoo 360, para peretas dari DarkHotel dikabarkan berhasil membobol VPN dengan cara memanipulasi pembaruan atau update sistem yang aktif saat menggunakan VPN tersebut.

Pihak dari Qihoo 360 sendiri mengatakan kalau sekarang ini aplikasi VPN memang memiliki peran yang sangat penting dalam komunikasi jarak jauh baik yang dilakukan oleh pemerintah ataupun perusahaan.

Advertisements

Apalagi ditengah pandemi virus corona seperti sekarang ini banyak orang yang lebih melakukan semua kegiatannya didalam rumah dan juga mengandalkan koneksi dari internet sebagai jalur untuk melakukan komunikasi.

Aksi dari serangan hacker tersebut juga bukan hanya menargetkan organisasi-organisasi dari pemerintah China yang ada didalam negeri saja, tapi juga lembaga pemerintah yang berada di beberapa negara-negara lainnya seperti Korea Utara, Thailand sampai Italia juga ikut menjadi sasaran.

Dalan laporannya, pihak Qihoo 360 mengatakan bahwa sejak bulan Maret tahun 2020 ini sudah ada lebih dari 200 server VPN yang sudah di bobol dan banyak lembaga pemerintahan dari China yang berada di luar negeri juga ikut diserang.

Pada awal bulan April, serangan tersebut bahkan menyebar ke lembaga-lembaga pemerintahan China yang berada di Shanghai dan juga Beijing.

Kelompok peretas DarkHotel tersebut selain menargetkan lembaga dari pemerintahan China, diduga juga merupakan dalang dibalik beberapa serangan siber yang menimpa WHO (World Health Organization) atau organisasi kesehatan dunia baru-baru ini.

Pihak Qihoo 360 dalam keterangannya juga mengatakan kalau VPN sudah berhasil dibobole oleh para hacker, aset-aset internal milik lembaga pemerintahan dan juga perusahaan bisa terungkap ke jaringan publik.

Walau begitu, pihak Qihoo 360 tidak memberikan laporan detail mengenai data seperti apa yang sudah berhasil dicuri dan juga diungkap oleh kelompok hacker DarkHotel tersebut.

Zhao Lijian selaku juru bicara Kementerian Luar Negeri China memberikan tanggapan mengenai aksi dari serangan siber tersebut dan mengatakan bahwa pemerintah China akan menindak tegas para pelaku serangan siber tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *