Tuesday , August 11 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Kelas Pintar Rilis Fitur Sekolah

Kelas Pintar Rilis Fitur Sekolah

foto : Kelas Pintar

Kelas Pintar Rilis Fitur Sekolah

lebakcyber.net – Kelas pintar rilis fitur sekolah. Kelas Pintar yang merupakan sebuah layanan belajar online baru-baru ini merilis fitur baru dengan nama Sekolah dalam rangka untuk menyambut tahun ajaran baru 2020. Fitur Sekolah tersebut memiliki tujuan agar dapat mempermudah proses belajar dan mengajar yang dilakukan secara online.

Fernando Uffie selaku pendiri dari Kelas Pintar pada acara peluncuran fitur Sekolah yang dilakukan melalui media video conference, Senin (18/05/2020) mengatakan bahwa Sekolah didesain agar dapat membantu proses belajar dan mengajar. Fitur ini juga sekaligus dapa menjawab tantangan untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Uffie juga menjelaskan bahwa fitur Sekolah tersebut adalah sebuah solusi bagi para guru dan juga murid agar tetap bisa melakukan proses belajar dan mengajar yang dilakukan secara online tanpa mengurangi interaksi yang selama ini sudah terbangung antara siswa, guru, pihak sekolah dan juga orang tua.

Advertisements

Melalui fitur Sekolah tersebut, pendidikan karakter yang selama ini dilakukan oleh para pengajar di institusi sekolah dapat tetap dilakukan walaupun tidak berada didalam satu ruangan yang sama.

Uffie juga menambahkan bahwa fitur Sekolah merupakan solusi bagi dunia pendidikan di masa pandemi virus corona seperti sekarang ini. Lebih dari itu, fitur Sekolah ini juga hadir agar dapat memperkuat peran guru, sekolah dan orang tua selama proses pembelajaran siswa pada kondisi apapun.

Advertisements

Enam Fitur Menu Sekolah

Fitur sekolah sendiri memiliki enam buah fitur yang dapat dimaksimalkan oleh para siswa, guru, sekolah dan juga orang tua dalam melakukan proses belajar mengajar. Dan berikut ini adalah fitur dari enam menu Sekolah tersebut.

Fitur Kelas

Dengan menggunakan menu kelas, proses pembelajaran dapat dilakukan dengan tatap muka secara virtual. Hubungan antara guru dengan para siswa ataupun juga sebaliknya dapat dilakukan secara realtime.

Fitur Pekerjaan Rumah

Bagi para guru dapat menggunakan fitur Pekerjaan Rumah (PR) ini agar dapat memberikan tugas kepada para siswanya dan juga menerima tugas yang sudah dikerjakan oleh para siswa. Guru dan siswa juga bisa langsung mengirim, mendownload dan juga mengupload file dalam bentuk jpeg, png, pdf ataupun doc tanpa harus mengirimkan dalam bentuk email atau platform lainnya.

Fitur Project

Untuk model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai inti dari suatu pembelajaran merupakan salah satu model pembelajaran yang dianjurkan yang berhubungan dengan implementasi kurikulum 2013. Oleh karena itu, Kelas Pintar menambahkan fitur Project yang dapat digunakan oleh siswa dan juga guru dalam proses pembelajaran berbasis PBL (Project Based Learning).

Fitur Ujian

Dengan menggunakan fitur ujian, para guru dapat dengan emmbuat membuat sebuah ujian secara online dan bagi para siswa bisa langsung mengerjakan soal-soal ujian tersebut.

Fitur Tugas

Fitur tugas dapat memungkinkan para guru dalam memberikan tugas secara online dengan soal yang dibuat sendiri. Untuk jenis soal yang dibuat juga dapat berupa pilihan ganda ataupun essay.

Selain itu para guru juga bisa menentukan sendiri bobot nilai dari soal yang sudah dibuat yang nantinya akan dikerjakan oleh para siswa.

Fitur Monitoring

Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para guru adalah sulitnya melakukan pemantauan dan juga mengawasi siswa saat ujian berlangsung. Oleh sebab itu, Kelas Pintar menambahkan fitur Monitoring yang dapat diaktifkan oleh guru saat melakukan ujian secara online.

Dengan menggunakan fitur monitoring tersebut, para guru dapat melihat aktifitas belajar siswa yang dilakukan secara online, aktifitas komputer siswa dan bahkan bisa langsung memberikan peringatan, instruksi dan juga pengumuman.

Agar dapat mengakses berbagi fitur yang ada di Kelas Pintar, para pengguna bisa berlangganan Paket Sahabat Belajar Online yang merupakan paket belajar yang menggabungkan antara layanan Kelas Pintar Regular, SOAL dan TANYA Prioritas.

Untuk menyambut tahun ajaran baru 2020/2021, Paket Sahabat Belajar Online bisa dimulai berlangganan dengan harga khusus Rp. 570 ribu untuk 6 bulan dan juga Rp. 1 juta untuk berlangganan selama satu tahun.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *