Thursday , August 16 2018
Home / The Lounge / Intermezzo / Kecerdasan Buatan Yang Dilatih Jadi Psikopat

Kecerdasan Buatan Yang Dilatih Jadi Psikopat

foto : the next web

Kecerdasan Buatan Yang Dilatih Jadi Psikopat

lebakcyber.net – Teknologi semakin mengalami perkembangan dari masa ke masa. Berbagai jenis teknologi semakin dikembangkan dan disempurnakan lagi. Bahkan sampai ada kecerdasan buatan yang dilatih jadi psikopat yang diberi nama Norman.

Sebagian dari kamu pasti belum pernah mendengar mengenai Norman. Dan berikut ini adalah beberapa fakta kecerdasan buatan pertama didunia yang dilatih agar menjadi seorang psikopat pertama didunia dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan.

Terinspirasi dari Karakter Fiksi

Nama Norman sendiri merupakan salah satu karakter fiksi dari sebuah film horor pada tahun 1960-an dengan judul Psycho, dimana pada film tersebut karakter psikopatnya bernama Norman Bates. Dan akhirnya karakter psikopat di film tersebut dijadikan nama dari kecerdasaran buatan psikopat tersebut.

Dibuat di MIT Media Lab.

Para ilmuwan mengembangkan riset dan juga pengembangan untuk Norman di laboratorium MIT Media Lab, yang merupakan salah satu laboratorium paling populer di dunia. Laboratorium yang sudah berdisi sejak tahun 1985 ini memang menjadi salah satu faktor pendukung para ilmuwan untuk melakukan improvisasi dengan membuat kecerdasan buatan yang memiliki sifat psikopat tersebut.

Algoritma Yang Mempengaruhi Perilaku

Para ilmuwan yang melakukan eksperimen di MIT Media Lab dikabarkan membuat dan memodifikasi algoritma dan melatihnya sehingga mengalami perubahan perilaku. Dan perubahan tersebut menjadikan Norman berbeda dari kecerdasan buatan lainnya.

Dibuat Berdasarkan Sisi Gelap Reddit

Kecerdasan buatan Norman diberi modifikasi algoritma dan terus dilatih agar bisa memilik sifat psikopat. Dan ternyata para ilmuwan tersebut menggunakan Reddit sebagai patokan dari perilaku Norman. Mereka mengambil sisi gelap Reddit atau konten-konten gelap yang ada di forum Reddit dan memasukannnya kedalam kecerdasan buatan Norman.

Hasil Tes Rorschach Terhadap AI Norman

Para ilmuwan melakukan tes Rorschach kepada kecerdasan buatan Norman dan membandingkannya dengan kecerdasan buatan lain pada umumnya. Tes Rorschach sendiri merupakan sebuah tes psikologis yang menggunakan simbol-simbol dan juga tanda-tanda terntu untuk kemudian diinterpretasi oleh para pelaku tes.

Interpretasi tersebut kemudian dituangkan ke dalam sebuah kalimat atau caption. Gambar di atas adalah contoh hasil interpretasi Norman yang berbeda dengan interpretasi AI pada umumnya. Jika kamu melihat caption yang dibuat Norman, rasanya gak heran jika kemudian Norman dijuluki sebagai AI psikopat pertama di dunia.

Itulaha beberapa fakta menarik mengenai kecerdasan buatan yang dilatih menjadi psikopat dan membuat kecerdasan buatan Norman menjadi kecerdasan buatan yang memiliki sifat psikopat pertama didunia. Menurut kamu apa yang akan terjadi kalau kecerdasan buatan Norman ini terus dilanjutkan penelitiannya?

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *