Saturday , May 25 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Kecerdasan Buatan OpenAi Bikin Ketakutan

Kecerdasan Buatan OpenAi Bikin Ketakutan

foto : YouTube

Kecerdasan Buatan OpenAi Bikin Ketakutan

lebakcyber.net – Teknologi kecerdasan buatan OpenAi bikin ketakutan karena semakin canggih dan di sisi lain juga semakin mengkhawatirkan. Sampai-sampai, perusahaan non profit tersebut yang dipimpin oleh Elon Musk ketakutan untuk merilisnya kepada publik.

OpenAi sendiri didirikan pada tahun 2015 lalu setelah Elon Musk dan dedengkot startup, Sam Altman untuk mengembangkan kecerdasan buatan yang bermanfaat bagi manusia. Dan teknologi kecerdasan buatan terbaru mereka bisa sangat bagus mengarang berita.

Sistem kecerdasan buatan tersebut didesain untuk mempelajari pola bahasa. Periset menggunakan data seukuran 40 GB dari  juta halaman website yang digunakan untuk melatih sistem yang diberinama GPT-2 tersebut.

Hasilnya, kecerdasan buatan tersebut bisa membuat teks yang sedemikian nyata. OpenAi juga memutuskan untuk tidak merilisnya kepada publik karena khawatir akan disalahgunakan untuk menebarkan berita hoax.

Dikutip dari halaman Wired, David Luan selaku Vice President OpenAi mengatakan “Terlihat begitu nyata. Bisa saja ada orang dengan niat jahat akan mampu membuat berita palsu dengan kualitas yang tinggi”.

Contohnya saat diberikan sebuah paragraf mengenai penemuan hewan unicorn, GPT-2 mampu meneruskan dengan menulis secara natural seolah-olah merupakan berita yang dibuat oleh manusia.

Selain itu kecerdasan buatan tersebut juga mampu beradaptasi dengan gaya tulisan. Maka dapat dihasilkan tulisan atau berita yang terlihat realistis dan runtut sesuai dengan topik yang diberikan.

“Karena rasa cemas kami terhadap penerapan tidak benar dari teknologi ini, kami tidak merilisnya,” kata OpenAI.

Walaupun sekarang ini teknologinya masih belum sempurna. Bisa melalui beberapa kali percobaan sebelum sebuah topik dapat ditulis secara natural. Namun seiring dengan berjalannya waktu, teknologi tersebut tentu saja akan semakin canggih.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *