Wednesday , December 19 2018
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Kecepatan Transfer Data USB 3.2

Kecepatan Transfer Data USB 3.2

foto : arstechnica.com

Kecepatan Transfer Data USB 3.2

lebakcyber.net – USB 3.0 Promoter Group, sebuah konsorsium gabungan antara HP, Apple, Microsoft, Intel dan perusahaan perusahaan lainnya baru saja mengumumkan spesifikasi untuk teknologi terbaru USB 3.2. Kecepatan transfer data usb 3.2 ini mampu meningkatkan kecepatan transfer data hingga dua kali lipat dari versi USB sebelumnya.

USB 3.2 dibuat dengan beberapa peningkatan kecil yang dapat membuat beberapa jalur yang ada didalamnya dapat dipakai secara bersamaan (Multi-lane Operation), baik itu transfer data dari sisi device ataupun host. Dengan cara itu peningkatan transfer data dapat meningkat mengikuti jumlah jalur yang aktif.

Dilansir dari ArsTechnica, kecepatan transfer data salah satunya bergantung pada protokol yang disematkan pada kabel dan port USB 3.2. Jika rata rata port dan kabel memiliki empat pasang kawat yang berfungsi sebagai jalur pengirim dan penerima data. Protokol ThunderBolt3 memakai empat pasang kawat itu secara bergantian, sedangkan pada USB 3.1 hanya menggunakan dua pasang kawat saja untuk menerima dan mengirim data.

Namun pada USB versi 3.2, keempat pasang itu nantinya akan dapat dipakai secara bersamaan, sehingga dapat meningkatkan kecepatan transfer data hingga dua kali lipat.

Itu artinya jika teknologi USB 3.2 ini disematkan di USB 3.1 generasi 1 yang memiliki kecepatan transfer data sebesar 5 Gbps), maka dengan menggunakan teknologi USB 3.2 kecepatan transfer data bisa mencapai 10 Gbps. Jika USB 3.1 yang digunakan sudah generasi 2 yang memiliki kecepatan 10 Gbps, maka kecepatannya bisa mencapai 20 Gbps jika disematkan dengan teknologi USB 3.2.

Saat ini spesikasi pasti untuk USB 3.2 masih dalam proses finishing dan kemungkinkan baru akan diumumkan pada bulan September 2017 mendatang. Walaupun mampu meningkatkan kecepatan data, USB 3.2 hanyalah sebuah perubahan kecil bagaimana cara pemberian transmisi dan kode data tidak akan berubah, masih sama seperti yang ada pada USB 3.1.

Walau bagaimanapun dengan adanya teknologi USB 3.2 ini tentu menguntungkan kita sebagai pengguna, apalagi jika kita sering melakukan transfer data misalnya dari PC ke Flashdisk yang memiliki ukuran data yang besar pasti akan lebih cepat jika sudah menggunaakn teknologi USB 3.2.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *