Saturday , August 24 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Kecanduan Game Merupakan Salah Satu Gangguan Kejiwaan

Kecanduan Game Merupakan Salah Satu Gangguan Kejiwaan

meenta.net

Kecanduan Game Merupakan Salah Satu Gangguan Kejiwaan

lebakcyber.net – World Healt Organization (WHO) sudah menetapkan kalau kecanduan game merupakan salah satu gangguan kejiwaan. Kondisi dimana keinginan seseorang untuk terus bermain game dan membuatnya tidak mampu meninggalkan game untuk melakukan kewajibannya udah masuk dalam kondisi gangguan kejiawaan yang sama dengan kecanduan narkotika atau kecanduan judi.

Dan sekarang ini banyak sekali orang yang suka menghabiskan waktunya berjam-jam untuk duduk dan bermain game, yang ada hanya sound effect dari game yang dimainkan dan saking fokusnya kadang ada yang sampai lupa kalau anak dan istrinya menanti dirumah. Kondisi game sudah mengambil alih fokus merupakan salah satu unsur dari kecanduan.

Tapi bukan berarti orang yang bermain game selama berjam-jam termasuk kedalam kategori kecanduan. Karena ada orang yang bermain game sampai berjam-jam namun masih dapat berhenti dengan mudah untuk bekerja dan tidak memiliki nafsu yang berlebihan untuk terus menerus bermain game.

Gangguan jiwa karena game (ICD-11) yang dimaksudkan oleh WHO ini adalah kondisi dimana seseorang bermain game sampai mengabaikan keluarga, pekerjaan, kehidupan sosial ataupun pendidikannya hanya untuk bermain game. Misalnya saja seperti yang terjadi di Amerika, dimana ada seorang anak SD yang sampai bolos satu tahun hanya untuk bermain game Fortnite.

Selama ini banyak anggapan yang mengatakan bahwa game memberikan pengaruh yang buruk bagi seseorang, namun penelitian ilmial mengenai kecanduan game ini masih sangat sedikit. Bahkan dari seluruh gamer yang ada dunia, hanya sekitar 3 sampai 4 persen saja yang sudah resmi masuk kedalam kategori kecanduan.

Namun walau bagaimanapun juga, kalau kamu merasa setiap hari harus bermain game, segeralah minta pertolongan kepada psikiater. Jangan pernah merasa malu kalau itu demi kebaikanmu sendiri. Karena mengertilah, saat kamu terbebas dari keinginan untuk terus bermain game, kamu akan sadar betapa banyak waktu yang terbuang sia-sia dan ada banyak sekali hal yang jauh lebih bermanfaat yang bisa kamu lakukan dibandingkan hanya bermain game saja.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *