Monday , September 21 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Karyawan Google Dilarang Menggunakan Zoom

Karyawan Google Dilarang Menggunakan Zoom

foto : App Store

Karyawan Google Dilarang Menggunakan Zoom

lebakcyber.net – Karyawan Google dilarang menggunakan Zoom. Kabar mengenai kurangnya proteksi keamanan yang dimiliki oleh aplikasi Zoom membuat pihak Google melarang kepada semua karyawannya untuk tidak menggunakan aplikasi video conference Zoom.

Dikutip dari halaman The Verge, Kamis (09/04/2020), berdasarkan keterangan dari Google, masalah keamanan yang menimpa aplikasi Zoom tersebut menjadi salah satu pertimbangan setelah Zoom menjadi salah satu aplikasi paling populer dan paling banyak digunakan ditengah pandemi virus corona sekarang ini.

Larangan untuk tidak menggunakan aplikasi Zoom tersebut dikeluarkan oleh pihak Google melalui email kepada setiap karyawannya pada minggu lalu.

Advertisements

Email yang dikirim tersebut berisi penjelasan bahwa aplikasi Zoom yang terinstal pada perangkat yang disediakan Google kepada para karyawannya tidak dapat lagi berfungsi.

Pihak Google sendiri sebenarnya sudah memiliki platform yang fungsinya mirip dengan aplikasi Zoom yang bernama Google Meet. Google Meet ini sendiri merupakan sebuah platform video conference milik Google yang menjadi bagian dari G Suite.

Advertisements

Jose Castaneda selaku juru bicara dari Google mengatakan bahwa mereka sudah sejak lama memiliki kebijakan yang melarang para pegawainya agar tidak menggunakan aplikasi tidak berizin untuk bekerja yang berada pada luar jaringan korporat perusahaan mereka.

Castaneda juga menambahkan bahwa baru-baru ini tim keamanan mereka memberikan informasi kepada para karyawannya yang menggunakan aplikasi Zoom Desktop Client kalau nantinya aplikasi tersebut tidak lagi dapat digunakan pada komputer korporat.

Lanjutnya karena aplikasi tersebut dianggap tidak memenuhi standar keamanan untuk sebuah aplikasi yang digunakan oleh para karyawan Google.

Para karyawan Google sendiri yang sudah terlanjur menginstall aplikasi Zoom yang mereka gunakan untuk berhubungan dengan keluarga atau kerabatnya masih dapat menggunakan aplikasi tersebut melalui browser langsung ataupun perangkat mobile yang mereka miliki.

Sampai sekarang ini memang sudah banyak beredar informasi mengenai masalah keamanan yang dimiliki oleh Zoom, bahkan ada beberapa video hasil rekaman dari para pengguna aplikasi Zoom tersebut yang tersebar di internet dan dapat diakses oleh banyak orang.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Google Maps Bisa Tunjukan Lokasi Corona Terparah

Google Maps Bisa Tunjukan Lokasi Corona Terparah

Google Maps Bisa Tunjukan Lokasi Corona Terparah lebakcyber.net – Google Maps bisa tunjukan lokasi Corona …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *