Friday , October 23 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Kapan Apple Buat Ponsel Layar Lipat

Kapan Apple Buat Ponsel Layar Lipat

foto : YouTube

Kapan Apple Buat Ponsel Layar Lipat

lebakcyber.net – Kapan Apple buat ponsel layar lipat. Beberapa tahun belakangan ini smartphone dengan layar lipat menjadi tren yang baru di pasar ponsel dunia. Vendor pembuat smartphone seperti Samsung, Motorola dan Huawei telah merilis smartphone layar lipat dengan bentuk dan mekanisme yang berbeda.

Namun ada satu perusahaan besar yang terlihat absen ditengah ramainya tren mengenai smartphone layar lipat tersebut yaitu Apple. Apple sendiri memang sudah beberapa kali dikabarkan sedang mengembangkan sebuah smartphone layar lipat, namun sampai sekarang ini perangkat tersebut belum juga dirilis.

Padahal perusahaan seperti Motorola dan juga Samsung bahkan telah merilis smartphone layar lipat generasi keduanya. Lalu sampai sejauh mana upaya Apple dalam mengembangkan iPhone layar lipat dan kapan perangkat tersebut nantinya akan dirilis?

Advertisements

Dikutip dari halaman MacRumors, Minggu (20/09/2020), kabar mengenai iPhone dengan layar lipat sebenarnya telah beredar sejak tahun 2016 lalu saat LG Display dikabarkan akan memproduksi layar lipat untuk smartphone pada tahun 2018. Beberapa perusahaan yang rencananya akan menggunakan layar tersebut adalah Google dan Apple.

Pada tahun 2017 lalu kabar tersebut masih tetap kencang beredar dan mengindikasikan kalau Apple bekerjasama dengan LG agar dapat mengembangkan iPhone dengan layar lipat. Saat itu perusahaan LG memang telah memiliki beberapa contoh layar lipat yang menggunakan panel OLED termasuk yang dapat dilipat seperti buku serta yang bisa digulung seperti koran.

Advertisements

Corning yang merupakan salah satu supplier untuk Apple juga sedang mengembangkan sebuah layar lipat. Ada kabar yang mengatakan kalau Apple baru akan merilis smartphone layar lipat saat Corning telah merilis Gorilla Glass yang dapat dilipat.

Selanjutnya di tahun 2019, pihak Samsung menawarkan untuk menyediakan layar lipat kepada pihak Apple agar digunakan oleh iPhone di masa depan. Dan belum lama ini Apple juga telah memesan beberapa contoh layar lipat dari Samsung.

Kalau berjalan dengan lancar, Apple akan menekan kontrak dengan kurun waktu satu tahun dengan Samsung untuk bisa mendapat panel layar lipat tersebut.

Jon Prosser yang merupakan seorang pembocor gadget memberikan informasi bahwa perusahaan Apple sedang mengembangkan prototipe iPhone dengan layar lipat yang menggunakan dua buah layar yang terpisah dan terhubung dengan sebuah engsel, bukan layar yang menyatu seperti yang bisa dilihat pada Samsung Galaxy Fold.

Engsel yang digunakan oleh perangkat Apple tersebut disebut sebagai ‘fabric hinge’. Walau memiliki dua buah layar yang terpisah, perangkat tersebut dirancang agar pada saat dibuka tampilan layarnya terlihat menyatu serta tidak terlihat seperti dua buah panel yang terpisah.

Selain kabar-kabar diatas, keberadaan mengenai iPhone dengan layar lipat juga dikuatkan dengan adanya sebuah paten yang didaftarkan oleh Apple. Namun tidak semua paten tersebut berbuah menjadi sebuah produk final yang dirilis kepada publik.

Paten iPhone dengan layar lipat pertama didaftarkan Apple muncul pada tahun 2016 lalu, dimana paten tersebut memperlihatkan sebuah smartphone yang dapat dilipat secara horizontal serta menggunakan panel OLED yang fleksibel serta engsel metal.

Jadi kapan Apple akan mengikuti jejak dari Huawei, Samsung dan vendor lainnya yang telah merilis smartphone dengan layar lipat? pada tahun 2018 lalu, analis Bank of America, Merrill Lynch mengatakan kalau Apple tengah mempersiapkan sebuah smarpthone layar lipat untuk tahun 2020, namun sepertinya prediksi tersebut meleset.

Namun ada beberapa orang yang percaya kalau tidak lama lagi Apple akan merilis iPhone dengan layar lipat. William LaCourse yang merupakan dosen ilmu kaca di Alfred University pada bulan Februari lalu mengatakan upaya pihak Corning mengembangkan kaca fleksibel sepertinya menjadi petunjuk kalau Apple akan mengungkap iPhone layar lipat pertamanya dalam waktu 12 sampai 18 bulan kedepan.

Sedangkan Jon Prosser juga mengeluarkan prediksinya kalau Apple kemungkinan besar tidak akan merilis smartphone layar lipatnya di tahun 2020 ini. Namun perangkat yang diuji coba oleh Apple lebih mirip seperti Microsoft Surface Duo yang tidak lain adalah smartphone layar lipat dengan dua layar yang terpisah.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *