Friday , August 14 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » JioMeet Aplikasi Pesaing Zoom Dari India

JioMeet Aplikasi Pesaing Zoom Dari India

foto : JioMeet

JioMeet Aplikasi Pesaing Zoom Dari India

lebakcyber.net – JioMeet aplikasi pesaing Zoom dari India. Jio Platforms yang merupakan anak perusahaan dari Reliance Industries Ltd (RIL) yang dimiliki oleh orang paling kaya di India, Mukesh Ambani, baru-baru ini mengeluarkan sebuah aplikasi video conference yang diberinama JioMeet.

Dengan hadirnya aplikasi JioMeet tersebut pastinya akan menjadi pesaing bagi aplikasi video conference yang sebelumnya sudah populer lebih dulu di saat pandemi sekarang ini seperti Zoom, Microsoft Teams dan juga Google Meet.

Selain itu peluncuran dari JioMeet ini bertepatan dengan larangan pemerintah India kepada para masyarakatnya untuk penggunaan puluhan aplikasi populer dari raksasa teknologi Cina seperti Mobile Legends, TikTok, UC Browser dan juga WeChat.

Advertisements

Larangan tersebut diputuskan dengan beberapa alasan kalau aplikasi-aplikasi yang berasal dari China bisa mengancam privasi data dan juga keamanan penggunanya.

Hal tersebut juga memicu peningkatan adopsi para masyarakat India kepada aplikasi buatan negaranya sendiri dan juga membuat aplikasi JioMeet menjadi viral di sosial media dengan tagar #MadeinIndia.

Advertisements
JioMeet Aplikasi Pesaing Zoom Dari India
foto : JioMeet

Dikutip dari halaman TechCrunch, aplikasi JioMeet membawa beberapa fitur panggilan video yang bisa dilakukan secara gratis tanpa adanya batasan waktu, bahkan sampai 24 jam dan juga kualitas gambar dengan resolusi tinggi (720p).

Kemampuan tersebut pastinya sangat menarik kalau dibandingkan dengan aplikasi Zoom yang memberikan batasan pada panggilan video bagi para pengguna gratisannya.

Aplikasi JioMeet juga selain itu bisa menampung sampai 100 orang peserta pada sebuah pertemuan yang dilakukan secara virtual.

Jio Platforms sendiri sudah mulai melakukan pengujian beta JioMeet pada bulan Mei tahun 2020 ini mengungkapkan kalau aplikasi video konferensinya menawarkan kontrol host dengan kelas perusahaan.

Hal tersebut termasuk mengenai perlindungan kata sandi pada setiap panggilan video dan juga dukungan log-in pada berbagai perangkat yang bisa digunakan sampai lima perangkat dan juga kemampuan untuk bisa berkolaborasi dan juga berbagi layar.

Selain itu, kemampuan lain yang dimiliki JioMeet adalah bisa berpindah dari satu perangkat ke perangkat lainnya dan juga ada fitur “Safe Driving Mode” yang dapat digunakan bagi para pesertanya yang melakukan video conference saat dalam perjalanan.

Selain itu pihak Host juga bisa mengaktifkan fitur waiting room atau ruang tunggu agar memastikan kalau para peserta harus meminta izin terlebih dahulu saat ingin masuk kedalam pertemuan.

Melalui situs resminya, JioMeet juga mengklaim bahwa setiap pertemuan yang dilakukan pada JioMeet tersebut sudah dilindungi dengan keamanan enkripsi end-to-end.

Aplikasi JioMeet sekarang ini sudah bisa digunakan pada browser Firefox dan juga Chrome di desktop dan juga sudah tersedia aplikasi yang bisa di download bagi para pengguna Windows, macOS, Android dan juga iOS. Selain itu JioMeet juga memiliki plugin bagi para pengguna Outlook.

Untuk sekarang ini aplikasi JioMeet tidak memiliki paket berbayar dan juga belum ada informasi lebih lanjut apakah perusahaan tersebut akan menerapkan kebijakan mengenai penggunaan secara gratis atau tidak.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Zoom Akan Berikan Enkripsi Yang Kuat

Zoom Akan Berikan Enkripsi Yang Kuat

Zoom Akan Berikan Enkripsi Yang Kuat lebakcyber.net – Zoom akan berikan enkripsi yang kuat. Aplikas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *