Wednesday , September 18 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Jerman Larang Penggunaan Office 365

Jerman Larang Penggunaan Office 365

foto : Stream Networks

Jerman Larang Penggunaan Office 365

lebakcyber.net – Jerman larang penggunaan Office 365. Pada zaman digital seperti sekarang ini, tidak aneh rasanya kalau teknologi sudah mulai banyak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Salah satunya adalah penggunaan salah satu produk buatan Microsoft, yaitu Microsoft Office yang sangat umum digunakan oleh para pelajar di seluruh dunia.

Namun belakangan ini santer dikabarkan bahwa salah satu negara bagian di Jerman, Hesse, justru melarang penggunaan software buatan Microsoft tersebut di sekolah yang berada di wilayahnya.

Larangan tersebut khususnya ditujukan kepada software Microsoft Office versi online atau yang lebih sering dikenal dengan Office 365.

Larangan tersebut tentunya tidak dilakukan tanpa adanya alasan yang jelas. Pihak komisi perlindungan data dan kebebasan informasi Hesse (HBDI) sendiri menyatakan beberapa alasannya yang membuat penggunaan Office 365 dilarang untuk digunakan.

1. Rentan Akan Masalah Privasi

Alasan pertama yang membuat HBDI memutuskan untuk melarang penggunaan Office 365 disekolah adalah karena adanya masalah isu privasi.

Pihak HBDI menilai layanan Office 365 yang berjalan melalui Cloud tersebut rentan akan masalah-masalah privasi yang dapat membahayakan pihak sekolah dan juga murid-muridnya.

Pihak HBDI sendiri khawatir kalau data-data murid yang menggunakan Office 365 yang masuk ke server Microsoft di Amerika Serikat dapat diintip tanpa sepengetahuan atau persetujuan penggunanya.

Microsoft sendiri sebenarnya pernah mengoperasikan server di Jerman, namun selanjutnya ditutup pada bulan Agustus 2018 lalu.

2. Kurangnya Transparansi Dalam Pengumpulan Data Pengguna

Selain keberatan mengenai masalah keamanan data pengguna, HBDI juga menilai kalau pihak Microsoft kurang transparan mengenai sistem telementri atau pengumpulan data yang ada didalam layanan Office 365.

Mereka khawatir kalau-kalau data pribadi para murid seperti subjek e-mail dan konten dokumen dapat dilihat dan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Melanggar Regulasi Perlindungan Data Umum Uni Eropa

Akhir dari keputusan HBDI tersebut melarang penggunaan Office 365 di sekolah bagian Hesse adalah karena dianggap melanggar Regulasi Perlindungan Data Umum (GDPR) Uni Eropa.

Pelanggaran tersebut berupa informasi telemetri data pengguna yang dikirimkan oleh Windows 10 dan cloud Microsoft ke server yang berlokasi di Amerika Serikat.

4. HBDI Menyarankan Pengguna Office 365 Diganti

Mengenai isu privasi tersebut, HBDI menyarankan sekolah-sekolah yang ada di bagian Hesse agar menggunakan software yang sama yang dapat berjalan secara offline sebagai pengganti dari Office 365.

Misalnya dengan menginstall Office 2019 yang tidak begitu memerlukan layanan cloud atau Libre Office karena kedua software tersebut diinstall secara offline di PC atau laptop.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Microsoft Ajak Berhenti Gunakan Internet Explorer

Microsoft Ajak Berhenti Gunakan Internet Explorer

Microsoft Ajak Berhenti Gunakan Internet Explorer lebakcyber.net – Microsoft ajak berhenti gunakan Internet Explorer. Walaupun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *