Tuesday , October 15 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Jangan Percaya Perusahaan Yang Minta Data Pengguna

Jangan Percaya Perusahaan Yang Minta Data Pengguna

foto : bgr.com

Jangan Percaya Perusahaan Yang Minta Data Pengguna

lebakcyber.net – CEO Apple, Tim Cook mengatakan jangan percaya perusahaan yang minta data pengguna. Tim Cook sendiri memang terkenal getol mengenai masalah privasi data pengguna, dimana pada beberapa perusahaan teknologi seringkali menyalahgunakannya. Pada sebuah wawancara dirinya sempat mengatakan apa yang diiming-imingkan perusahaan teknologi mengenai soal data dan privasi hanya sebatas omong kosong belaka.

Cook juga mengatakan bahwa narasi yang digunakan perusahaan untuk meyakinkan para penggunanya adalah saya harus mengambil semua data anda untuk membuat layanan lebih baik lagi, tapi sekali lagi Cook mengatakan jangan percaya pada mereka.

Cook memang tidak memberikan informasi mengenai perusahaan mana yang dimaksud. Namun seperti diketahui kalau Facebook dan Google menjadi dua perusahaan teknologi yang memanfaatkan data dari para penggunanya untuk tujuan iklan dan hal tersebut menjadi sumber pemasukan bagi mereka.

Advertisements

Cook kembali menambahkan kalau siapapun yang mengatakan hal tersebut adalah omong kosong belaka.

Beberapa perusahaan teknologi raksasa apalagi yang menyediakan layanan secara cuma-cuma diketahui bekerja sama dengan beberapa pihak ketiga untuk membagikan data dari para penggunanya.

Cook seringkali menyoroti masalah privasi data pengguna yang dijadikan alat jualan bagi para pengiklan. Saat skandal Cambridge Analytica yang melanda Facebook mencuat, Cook ikut mengomentari sistem monetisasi Facebook.

Advertisements

Dirinya mengkritik layanan gratis seharusnya tidak benar-benar gratis, melainkan menukar informasi hasil pencarian dan data lain dari para penggunanya. Idealisme Cook mengenai masalah privasi data pengguna juga berlaku di perusahaan yang dia pimpin.

Apple sendiri memang sangat dikenal ketat mengenai data pengguna. Hardware yang dipasang membuat produk Apple sulit untuk disusupi untuk mengambil informasi pengguna oleh pihak luar. Bahkan Apple sendiri kesulitan untuk membobol enkripsi data pada platformnya sendiri.

Sedangkan berbeda dengan Apple. Google dan Facebook sedang menjadi sorotan karena data pengguna yang dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Pada tahun 2017 lalu saja Facebook sendiri mengatakan kalau 99% pemasukannya berasal dari iklan.

Sementara Google, berdasarkan laporan dari Associated Press (AP) dan Princeton University yang dirilis pada bulan Agustus 2018 lalu mengatakan kalau perusahaan mesin pencari tersebut merupakan perusahaan periklanan digital terbesar.

Google sendiri memanfaatkan informasi detail dari para penggunanya secara online dan offline untuk dapat menargetkan iklan yang nantinya akan ditampilkan.

Namun bukan berarti kalau Apple sendiri sama sekali tidak menggunakan data pengguna. Cook mengatakan kalau perusahaannya menekan seminimal mungkin dalam hal mengumpulkan data para penggunanya.

Cook menjelaskan kalau privasi menjadi masalah paling penting di abad ini. Dirinya mengaku bukanlah pendukung regulasi. Namun dirinya juga tidak menolak untuk bekerja sama dengan para pembuat undang-undang dan memberikan edukasi mengenai pentingnya data privasi dan juga memastikan para perusahaan teknologi untuk membuat produk yang sehat bagi masyarakat.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

CEO Apple Berikan Alasan Kenapa iPhone Mahal

CEO Apple Berikan Alasan Kenapa iPhone Mahal

CEO Apple Berikan Alasan Kenapa iPhone Mahal lebakcyber.net – Sudah mejadi rahasia umum kalau Apple …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *