Friday , September 20 2019
Home / Blogging / Jangan Lakukan Hal Ini Saat Baru Mulai Blogging

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Baru Mulai Blogging

foto : expresswriters.com

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Baru Mulai Blogging

lebakcyber.net – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hal yang harus kamu hindari saat baru membuat sebuah blog dan terhindar kesalahan “newbie” dan menyiapkan dirimu untuk mulai mendapatkan pemasukan dari blog. Oke jadi jangan lakukan hal ini saat baru mulai blogging ya.

Salah satu artikel favorit saya dadalah mengenai bisnis blogging. Saya juga senang berbagi menganai bagaimana cara mendapatkan uang dari blog, dan rasanya menyenangkan aja kalau ada pembaca yang mengikuti langkah-langkah yang saya tulis dan berbagi informasi mengenai dunia blogging dengan kalian semua.

Pada postingan kali ini kita akan fokus kepada hal-hal yang harus kamu hindari saat baru mulai blogging, saya menulis ini berdasarkan pengalaman pribadi saya selama terjun kedunia blogging. Dipostingan kali ini juga saya sertakan beberapa link afiliasi yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan dari blog kamu.

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Baru Mulai Blogging

Ketika saya memulai blogging, saya benar-benar buta dan tidak tahu bagaimana caranya orang lain bisa hidup dan mendapatkan penghasilan hanya dari blog yang mereka punya.

Untungnya saya bisa belajar banyak beberapa hari setelah terjun ke dunia blogging dan mulai mendapatkan penghasilan dari blog. Jadi saya ingin berbagi dengan kamu semua hal yang harus kamu hindari saat blogging, sehingga kamu bisa mendapatkan pelajaran dari pengalaman saya saat pertama kali masuk kedunia blogging tanpa harus mengulanginya lagi.

Jangan Mulai Blogging Menggunakan Platform Gratisan

Kalau kamu memiliki tujuan untuk membuat blog yang bisa menghasilkan penghasilan tambahan setiap bulannya, saya sarankan jangan menggunakan platform blogging gratisan. Mulailah dengan menggunakan self-hosted dan membeli domain TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .co.id dan sebagainya.

Memang ada banyak situs yang menyediakan platform untuk blogging secara gratis, misalnya blogger.com, wordpress.com dan banyak lagi situs-situs lainnya. Pastikan kamu juga tahu perbedaan antara wordpress.com (gratisan) dengan wordpress.org (self-hosted). Karena biasanya platform yang menyediakan platform blogging secara gratis tidak memberikan pilihan kepada penggunanya untuk memonetize blog yang mereka miliki (kecuali blogger.com ya).

Jadi buatlah sebuah blog dengan self-hosted, kamu bisa mendaftar ke nusantarahost untuk menyewa hosting dan domain dengan harga yang sangat terjangkau (kurang dari 2 juta loh!). Kenapa nusantarahost? karena pengalaman saya, nusantarahost memiliki layanan yang sangat baik serta server yang bagus sehingga membuat pengunjung blog kita bisa lebih cepat pada saat mengakses blog yang kita hosting di nusantarahost.

Jangan Abaikan Sosial Media

Jangan pernah abaikan kekuatan dari sosial media, saat pertama kali kamu membuat blog, pastikan kamu juga membuat halaman fans page di facebook ataupun juga twitter, kenapa? Karena kamu jadi bisa membangun komunikasi dengan pengunjung dan juga orang-orang yang menyukai halaman fans page dari blog kamu.

Dengan membuat fans page setelah kamu membuat blog. kamu bisa membangun follower dan juga meningkatkan network secara bersamaan. Perkembangan yang lambat tapi terus berkembang itu jauh lebih baik daripada tidak sama sekali bukan.

Kamu bisa mulai membuat akun di media sosial untuk blog kamu di facebook, instagram, pinterest dan juga twitter. Kamu juga bisa kok memanfaatkan sosial media lainnya selain keempat sosial media favorit diatas.

Jangan Keluarkan Banyak Uang Dulu

Saya pernah melihat ada banyak blogger baru yang mengeluarkan banyak uang untuk membeli software pendukung kegiatan blogging mereka, mengikuti banyak seminar dan kursus blogging dan sebagainya sebelum mereka mulai mendapatkan uang.

Sebenarnya ada banyak solusi sebelum kamu menghabiskan uang untuk hal-hal yang bisa kamu dapatkan secara gratis, misalnya daripada membeli software untuk mendukung kegiatan blogging kamu, kenapa tidak menggunakan software yang gratisan saja. Atau jika kamu harus mengeluarkan uang untuk kursus dan mengikuti seminar blogging, kenapa tidak belajar dulu saja di Youtube, ada banyak video tutorial mengenai blogging kok yang bisa kamu pelajari di Youtube.

Jangan Gampang Menyerah!

Kamu tidak akan pernah tahu bahwa hanya dibutuhkan satu buah postingan yang berkualitas pada blog yang kamu miliki untuk membangun momunten dan mendapatkan pembaca baru yang menyukai blogmu, selain itu dari satu postingan yang berkualitas itu tidak menutup kemungkinan kalau kamu akan mendapatkan follower di sosial media yang sudah kamu buat dan pembaca-pembaca baru.

Jadi walaupun sebenarnya dibutuhkan ketekunan dan sifat gak gampang menyerah untuk membuat dan mengurus sebuah blog agar bisa mendapatkan pengunjung dan mulai menghasilkan uang, tapi pada akhirnya semua kerja keras kamu pasti akan terbayarkan.

Kabar Baiknya Adalah…

Walaupun kamu mulai membuat blog dan mengikut hal-hal yang harus dihindari saat pertama kali membuat blog diatas. Kamu bisa tetap melakukan evaluasi ulang dan meningkatkan trik-trik sesuai dengan pengalaman kamu. Saya juga selalu mengevaluasi apa saja yang sudah saya lakukan di blog, dan jika menemukan postingan lama saya yang kurang begitu menarik, maka akan saya coba untuk memperbaikinya agar menjadi postingan yang jauh lebih baik lagi.

Akhirnya kita sampai ke akhir pembahasan kita mengenai jangan lakukan hal ini saat baru mulai blogging. Jadi apakah kamu sudah siap untuk mulai membuat blog? Jangan takut, kalau misalnya kamu menemukan masalah saat membuat blog, kamu bisa kok melemparkan pertanyaan dengan cara komentar dibawah postingan ini. Jika saya bisa membantu, pasti akan saya bantu.

About Karina Karenina

Check Also

Spesifikasi dan Harga iPhone 11

Spesifikasi dan Harga iPhone 11

Spesifikasi dan Harga iPhone 11 lebakcyber.net – Spesifikasi dan harga iPhone 11. Apple akhirnya mengumumkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *