Wednesday , July 8 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » iPhone 11 Ternyata Lacak Para Penggunanya

iPhone 11 Ternyata Lacak Para Penggunanya

foto : Tribunnews

iPhone 11 Ternyata Lacak Para Penggunanya

lebakcyber.net – iPhone 11 ternyata lacak para penggunanya. Belakanan ini seri smartphone iPhone 11 dan juga iPhone 11 Pro menjadi sorotan karena diketahui secara diam-diam melacak para penggunanya, walaupun pengaturan aplikasi sudah diatur agar tidak meneruskan data lokasi.

Pihak Apple sendiri selanjutnya menanggapi isu yang diungkapkan oleh peneliti keamanan Brian Krebs tersebut dengan membenarkan bahwa iPhone 11 memang selalu memantau lokasi. Oleh karena itu terkait dengan teknologi ultra wideband yang harus dimatikan di beberapa tempat tertentu.

iPhone 11 harus selalu melakukan monitor lokasinya berada agar bisa mendapatkan informasi apakah ultra wideband dapat terus dinyalakan atau tidak.

Advertisements

Apple dalam pernyataannya mengatakan “Manajemen ultra wideband dan penggunaan lokasi data sepenuhnya dilakukan di dalam perangkat (iPhone). Pihak Apple tidak mengambil data lokasi dari para pengguna”.

Sebagai informasi tambahan, ultra wideband merupakan fitur dari chip U1 di jajaran iPhone 11 yang memungkinkan perangkat-perangkat dalam jarak berdekatan untuk dapat saling berkomunikasi secara lokal tanpa harus bergantung pada sinyal ponsel ataupun satelit.

Advertisements

Misalnya jika pengguna iPhone 11 ingin berbagi file ke perangkat lain di dalam ruangan dengan menggunakan fitur AirDrop, smartphone cukup diarahkan ke perangkat itu saja. Selanjutnya perangkat tujuan akan muncul di layar dan dapat dipilih untuk mengirim file.

Chip U1 yang ada di iPhone 11 inilah yang selanjutnya secara terus menerus melacak lokasi pengguna. Jika ada cara agar iPhone 11 berhenti melakukan monitor lokasi yaitu dengan cara mematikan fitur location services sama sekali secara global dan bukan secara individual atau aplikasi.

Namun seperti yang dirangkum pada halaman TechSpot, jika hal tersebut dilakukan, aplikasi-aplikasi yang bergantung pada layanan lokasi, misalnya saja peta atau Google Maps tidak akan dapat berfungsi atau berjalan secara normal.

Pihak Apple sendiri mengatakan bahwa sudah memiliki rencana untuk menambahkan sebuah fitur semacam switch untuk dapat menghidupkan atau mematikan pelacakan lokasi oleh chip U1 yang ada di iPhone 11 dan juga iPhone 11 Pro agar lebih transparan bagi para penggunanya.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Beberapa Fitur Baru Yang Ada di iOS 14

Beberapa Fitur Baru Yang Ada di iOS 14

Beberapa Fitur Baru Yang Ada di iOS 14 lebakcyber.net – Beberapa fitur baru yang ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *