Friday , October 30 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Internet Dunia Melambat Akibat Corona

Internet Dunia Melambat Akibat Corona

foto : factor-tech.com

Internet Dunia Melambat Akibat Corona

lebakcyber.net – Internet dunia melambat akibat corona. Kecepatan internet dunia semakin melambat semenjak virus Covid-19 merebak. Hal tersebut disampaikan berdasarkan laporan dari Ookla yang merupakan perusahaan yang membuat layanan uji kecepatan koneksi internet Speedtest.

Beberapa negara yang sudah memberlakukan lockdown dan juga mengontrol agar warganya tidak berpindah dan mulai mengerjakan berbagai kerjaannya dirumah. Akhirnya intern juga semakin dimanfaatkan untuk dapat menunjang kegiatan tersebut, selain untuk mencari hiburan.

Dengan banyaknya orang yang melakukan kegiatan online, akibatnya berdampak pada penurunan kecepatan internet yang ada di seluruh dunia, khususnya lagi di negara yang sudah memberlakukan lockdown kepada masyarakatnya.

Advertisements

Dikutip dari halaman Mashable, Selasa (31/03/2020), pihak Ookla melihat adanya fluktuasi kecepatan internet di China, Jepang, Malaysia dan juga India. Walau khusus untuk China sampai sekarang ini kecepatannya mulai kembali normal sejak bulan Februari 2020 lalu.

Pihak Ookla juga mengatakan kalau India dan juga Malaysa, kecepatan internet rata-ratanya menurun menjadi di bawah 80 Mbps sejak pertengahan bulan Maret sampai akhir Maret. Kedua negara tersebut diketahui sudah menerapkan lockdown dan juga mengontrol gerakan para masyarakatnya agar dapat memotong penyebaran dari Covid-19.

Advertisements

Mengenai adanya penurunan kecepatan internet tersebut, pihak Ookla mengatakan kalau kemungkin tersebut disebabkan oleh banyaknya beban yang dipikul oleh para penyedia jasa layanan internet atau ISP selama proses lockdown berlangsung, jadi masyarakat yang tinggal dirumah banyak menghabiskan waktu seharian dengan melakukan berbagai kegiatan di dunia maya.

Penurunan kecepatan internet juga dialaman pada kecepatan internet seluler. Kecepatan yang konstan yang terjadi pada awal bulan Maret namun menurun pada tanggal 18 Maret saat negara Malaysia mulai memberlakukan Lockdown kepada para warganya.

Pihak Ookla juga memberikan informasi tambahan mengenai penurunan kecepatan akses internet di negara-negara Eropa, seperti misalnya Swiss, Spanyol, Belanda, Prancis dan juga Jerman yang akses internetnya ikut menurun.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Data tes pasien Covid-19 dicuri hacker. Pencurian data pribadi dikabarkan kembali terjadi di Indonesia. Sekarang peretas dengan nama akun Database Shopping

Data Tes Pasien Covid-19 Indonesia dicuri Hacker

Data Tes Pasien Covid-19 Indonesia dicuri Hacker lebakcyber.net – Data tes pasien Covid-19 Indonesia dicuri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *