Monday , June 17 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Intel dan AMD Jalin Kerjasama Membuat Chip

Intel dan AMD Jalin Kerjasama Membuat Chip

foto : Intel

Intel dan AMD Jalin Kerjasama Membuat Chip

lebakcyber.net – Sudah bukan rahasia lagi kalau Intel dan AMD merupakan seteru abadi yang sudah saling bersaing di industri prosesor sejak puluhan tahun yang lalu. Namun semenjak awal pekan ini keduanya membuat kaget karena pihak Intel dan AMD jalin kerjasama membuat chip.

Chip yang dimaksud adalah seri Core generasi ke delapan yang menggabungkan inti dari prosesor buatan Intel dengan pengolah grafis (GPU) Radeon buatan AMD.

Tujuan dari pembuatan chip tersebut adalah untuk menghasilkan prosesor laptop yang memiliki kemampuan pengolah grafis yang mumpuni untuk bisa bermain game, namun tetap memiliki ukuran fisik yang ringkas. Jadi GPU tidak harus terpasang secara terpisah melainkan tertanam langsung didalam prosesor utama.

Scott Herkelman selaku Vice President and General Manager AMD mengatakan, dengan melakukan kerjasama ini mereka menawarkan PC (Laptop) yang tipis dan ringan namun mampu menghasilkan performa grafis yang setara dengan GPU terpisah.

Selain untuk digunakan di kartu grafis komputer desktop dan juga laptop, GPU Radeon buatan AMD tersebut juga tertanam di perangkat-perangkat konsol game modern seperti Playstation 4 dan Xbox One X.

Nantinya didalam chip Core generasi kedelapan tersebut, inti CPU Intel akan terhubung dengan GPU Radeon milik AMD melalui teknologi embedded multi-die interconnect bridge (EMIB) yang memiliki kecepatan tinggi. AMD juga membawa teknologi high-bandwidth memory (HBM) 2 untuk Radeon.

Chip hasil kerjasama antara pihak Intel dan AMD ini kabarnya akan meluncur pada tahun 2018 mendatang dan akan membuat ukuran laptop menjadi tipis semacam ultrabook dan 2-in-1 (convertible) yang memiliki tenaga yang cukup untuk dapat bermain game.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *