Friday , October 30 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Instagram Luncurkan Fitur Guides

Instagram Luncurkan Fitur Guides

foto : Pixabay

Instagram Luncurkan Fitur Guides

lebakcyber.net – Instagram luncurkan fitur Guides. Instagram kembali merilis beberapa fitur baru pada aplikasinya bagi para pengguna di Indonesia. Fitur-fitur baru tersebut memiliki tujuan agar bisa menciptakan atmosfer yang lebih positif di platform Instagram, terutama pada hal untuk memerangi perundungan online.

Fitur pertama yang dirilis oleh Instagram adalah Guides, dimana para kreator dapat mengkurasi konten-konten dengan suatu topik tertentu dan dapat ditemukan dengan mudah oleh para penggunanya.

Pada saat peluncurannya, fitur Guides akan difokuskan pada isu mengenai kesehatan mental, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Advertisements

Pihak Instagram juga melakukan kerjasama dengan komunitas anti-perundungan Sudah Donk,  startup kesehatan mental Riliv, dan juga bersama Aktris Ariel Tatum dalam pembuatan konten mengenai kesehatan mental dan juga anti perundungan.

Sekarang ini fitur Guides sudah bisa dilihat dengan mengunjungi profil akun Instagram Riliv, Ariel Tatum dan juga Sudah Donk. Selanjutnya klik ikon Guides yang berada di tengah-tengah antara tag dan galeri.

Advertisements

Posisi tersebut pada awalnya diisi oleh ikon IGTV. Dan dalam beberapa waktu kedepan, kumpulan dari konten Guides akan muncul pada bagian tab Explore.

Salah satu konten yang sudah drilis adalah lima buah seri video yang dibuat Riliv bersama dengan Ariel Tatum mengenai isu kesehatan mental yang diulas dengan bahasa yang lebih mudah dicerna bagi para anak muda.

Selain itu pihak Riliv juga sudah merilis audio meditasi yang berjudul “Mengatasi Bullying” sebagai sebuah bentuk adaptasi dari booklet #REALTALK, yang merupakan hasil kerjasama Sudah Donk dengan Instagram.

Manajer Komunikasi Publik Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi mengatakan bahwa para pengisi konten Guides nantinya hanya akan berasal dari organisasi dan juga kreator yang dinilai cukup kredibel. Hal tersebut membuktikan bahwa tidak semua pengguna dapat mengkurasi konten pada fitur Guides.

Dalam acara peluncuran fitur Guides dan juga kampanye mengenai #REALTALK Instagram yang dilaksanakan secara online pada Selasa (19/05/2020) Putri menjelaskan bahwa hanya kreator yang pihak Instagram tahu selama ini sudah berusaha untuk membangung kesadaran masyarakat mengenai isu-isu tertentu.

Putri juga menjanjikan bahwa nantinya akan ada kreator lebih banyak dan juga organisasi yang akan meramaikan fitur Guides tersebut. Selain Guides, pihak Instagram juga membawa fitur untuk melakukan kontrol komentar dan juga pembatasan tagging ke Indonesia.

Fitur tersebut sebenarnya sudah dirilis secara global beberapa waktu yang lalu, dan kini pengguna dapat menghapus sampai 25 komentar yang mengandung unsur negatif sekaligus dengan menggunakan fitur Manage Comments.

Cara melakukannya cukup dengan mengetuk ikon titik tiga yang berada di sebelah kanan atas dan selanjutnya pilih komentar negatif yang ingin pengguna hapus secara bersamaan.

Selain itu ada juga fitur pin komentar yang memungkinkan para pengguna dapat menyematkan komentar favorit pada bagian paling atas. Namun fitur pini komentar ini masih dalam tahap uji coba.

Instagram Luncurkan Fitur Guides
foto : Instagram

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Logo DM Di Instagram Berubah Jadi Facebook Messenger

Logo DM Di Instagram Berubah Jadi Facebook Messenger

Logo DM Di Instagram Berubah Jadi Facebook Messenger lebakcyber.net – Logo DM di Instagram berubah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *