Saturday , August 17 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Instagram Hadirkan Stiker Anti Golput

Instagram Hadirkan Stiker Anti Golput

foto : instagram

Instagram Hadirkan Stiker Anti Golput

lebakcyber.net – Dalam rangka merayakan pesta demokrasi, Instagram hadirkan stiker anti golput menjelang pemilu 2019. Ini pertama kalinya Instagram membuat sebuah stiker khusus untuk Indonesia.

Adanya stiker ini sendiri diharapkan agar para pengguna bisa membagikan momen dan cerita mereka mengenai pemilihan umum 2019 dengan cara yang lebih ekspresif dan juga menyenangkan.

Rubben Hattari, selaku Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia mengatakan Instagram menghadirkan stiker spesial pemilu agar pengguna dapat terus membagikan pengalaman dan momen penting ini dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Dalam menghadirkan stiker khusus pemilu, Instagram melakukan kerjasama dengan komikus muda Indonesia, Reza Mustar atau yang lebih dikenal sebagaik @komikazer. Reza sendiri cukup aktif menggunakan Instagram sebagai media untuk membagikan karyanya dan aspiranya mengenai isu-isu sosial.

Reza mengatakan bahwa secara pribadi, dirinya ingin membuat perubahan bermakna bagi negara Indonesia melalui karya seni yang diciptakan dan dibagikan melalui Instagram. Dirinya ingin mendorong anak-anak muda untuk berperan aktif dalam menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April nanti.

Dirinya sangat menyambut positif ajakan Instagram untuk membuat stiker pemilu Instagram pertama di Indonesia. Dirinya juga berharap karayanya ini dapat membantu tujuan bersama untuk mendorong tingkat partisipasi pemilih muda dalam menyampaikan suara mereka untuk Indonesia.

Ada tiga pilihan desain stiker yang dibuatnya, yaitu ‘Saya Pilih Indonesia’, ‘Suara Indonesia’ dan ‘Nyoblos Yuk’.

Instagram Hadirkan Stiker Anti Golput
foto : Instagram

Reza memilih kalimat ‘saya pilih Indonesia’ sebagai undangan bagi anak-anak muda Indonesia untuk menggunakan hak suaranya. Karena dengan ikut memilih di tanggal 17 April nanti, berarti mereka sudah memilih untuk kebaikan Indonesia kedepannya.

Ketiga stiker tersebut mulai tersedia pada tanggal 14 – 17 April dan dapat digunakan dengan cara seperti berikut :

  • Buka icon kamera pada aplikasi Instagram untuk membuat Story
  • Ambil foto atau video
  • Ketuk ikon smiley berbentuk kotak yang ada di pojok kiri atas
  • Nanti akan terlihat stiker pemilihan umum Instagaram.

Selain stiker, pihak Instagram juga berkomitmen untuk melindungi integritas pemilu di platformnya dengan meluncurkan beberapa fitur seperti meningkatkan transparansi akun dengan fitu ‘About The Account’. Adanya fitur tersebut untuk memberantas disinformasi dan juga meningkatkan kemampuan untuk mendeteksi dan menghapus akun-akun yang tidak otentik di Instagram.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *