Sunday , October 25 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Instagram Bagikan Cara Kembangkan Bisnis

Instagram Bagikan Cara Kembangkan Bisnis

Foto : Hootsuite Blog

Instagram Bagikan Cara Kembangkan Bisnis

lebakcyber.net – Instagram bagikan cara kembangkan bisnis. Dalam rangka mendukung UMKN, Instagram membagikan beberapa tips praktis mengenai persiapan untuk strategi bisnis dalam menghadapi era new normal ini.

Tips tersebut dirangkum dalam sebuhan bincang-bincang bisnis di Instagram Live Akademi Instagram bersama dengan Pieter Lydian yang merupakan Country Director untuk The Facebook Company di Indonesia dan juga beberapa publik figur yang sukses melakukan bisnis di Instagram seperti Zaskia Adya Mecca, Luna Maya dan juga Dimas Beck.

Dan beginilah cara para pelaku UMKM bisa memanfaatkan platform digital Instagram agar bisa meningkatkan bisnis yang mereka miliki.

Advertisements

Lakukan Analisis dan bangun eksistensi bisnis.

Yang pertama kali harus dilakukan oleh para pelaku UMKM yang baru saja ingin membangun eksistensi bisnis mereka di Instagram adalah dengan mengubah profil Instagram mereka menjadi profil bisnis.

Karena dengan menggunakan profil bisnis, para pelaku UMKM bisa memperoleh insight yang dapat dilihat secara real time mengenai kinerja Stories dan juga postingan pada feed, karakteristik dari para followernya dan juga bagaimana mereka melakukan interaksi dengan postingan.

Advertisements

Selain itu para pelaku UMKM juga bisa mengirim pesan, email, telepon dan lain sebagainya sampai dengan melaukan promosi atau beriklan. Para pelaku UMKM tersebut juga bisa membuat profil bisnis di Instagram tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis.

Luna Maya yang juga seorang CEO serta pemilik dari bisnis @lunahabit, @namabeauty.co dan juga @macama.id memberikan saran agar para pebisnis untuk mulai menganalisa hubungan konsumen, performa dari penjualan dan juga bagaimana karakteristik dari para konsumen secara berkala.

Utamakan Menonjolkan Karakter Bisnis

Berdasarkan data dari Instagram, sebanyak 2 dari 3 orang pengunjung profil bisnis di Instagram bukanlah follower. Hal tersebutlah mengapa feed profil bisnis yang pelaku UMKM miliki harus dapat menjadi sebuah etalase online pada saat orang atau pengguna instagram lain melihat bisnis Anda.

Para pelaku UMKM juga harus membuat sebuah nama bisnis yang menarik, menuliskan informasi mengenai bisnis yang lengkap pada bagian biografi dan juga selalu fokus kepada 6 foto yang berada di bagian paling atas feed. Ketga hal tersebut dapat membantu orang agar bisa mengenali karakteristik dari bisnis Anda dengan mudah pada saat mereka mengunjungi profil bisnis Instagram Anda.

Manfaatkan Fitur-Fitur Yang Tersedia Secara Gratis Bagi Para Pelaku UMKM

Selain itu juga para pelaku UMKM bisa memaksimalkan berbagai fitur bisnis yang ada di Instagram agar bisa membangun eksistensi bisnis dan juga menjaga interaksi bahkan dapat mendorong agar  terjadinya penjualan. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan para pengguna, seperti :

  • Memanfaatkan IG Live agar bisa terhubung dengan para pelanggan
  • Menggunakan IGTV dengan tujuan untuk membagikan konten yang lebih panjang
  • Membagikan informasi penting mengenai perubahan dalam operasional bisnis dan juga mengenai kebijakan prosedur di era new normal sekarang ini
  • Share cerita mengenai bisnis sampai ke proses dibalik layar dari produk-produk yang Anda miliki didalam Stories agar bisa tetap terhubung dengan para pengguna dan juga memberikan ketenangan bagi para pelanggan mengenai komitmen Anda dalam menjaga bisnis.
  • Gunakan Hashtag atau tagar yang sesuai agar bisa menjangkau audiens di Instagram yang lebih luas lagi.

Jaga Hubungan Dengan Konsumen

Di era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini membuat aktivitas toko offline menjadi lebih terbatas, dan akhirnya interaksi online menjadi pilihan utama yang digunakan oleh para konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai sebuah produk dan juga ketersediaan produk sebelum akhirnya mereka melakukan pembelian.

Para pelaku UMKM juga disarankan agar memanfaatkan secara aktif Direct Message dan juga kolom komentar agar bisa mejawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para calon konsumen.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Logo DM Di Instagram Berubah Jadi Facebook Messenger

Logo DM Di Instagram Berubah Jadi Facebook Messenger

Logo DM Di Instagram Berubah Jadi Facebook Messenger lebakcyber.net – Logo DM di Instagram berubah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *