Wednesday , February 21 2024

Inilah Para Pesaing ChatGPT

Inilah Para Pesaing ChatGPT

Inilah Para Pesaing ChatGPT

lebakcyber.net – Inilah Para Pesaing ChatGPT. ChatGPT yang sekarang sedang booming dan merupakan salah satu platform kecerdasan buatan (AI) yang berhasil mendapatkan popularitasnya di akhir tahun 2022. ChatGPT ini memang dinilai dapat melewati ekspektasi dari banyak pihak dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya. Tapi tetap saja ChatGPT bukan satu-satu platform AI, karena ada beberapa pesaing yang siap untuk menyalip singgasana ChatGPT.

Kelebihan dari ChatGPT tersebut membuatnya diadopsi oleh berbagai pihak, dan salah satunya adalah Microsoft. Perusahaan software raksasa tersebut bahkan menghubungkan ChatGPT ke berbagai program Microsoft Office yang mereka miliki, termasuk Excel dan juga Word, serta mesin pencari mereka yaitu Bing.

Seperti tidak mau kalah, OpenAI yang merupakan otak dibalik hadirnya ChatGPT sudah merilis generasi terbaru dari kecerdasan buatannya tersebut yang diberinama GPT-4 yang jauh lebih cerdas dibandingkan versi sebelumnya.

Advertisements

Tidak sampai disitu saja, beberapa perusahaan juga sudah mulai membuat platform kecerdasan yang mirip dengan ChatGPT agar bisa bersaing dengan produk yang dibuat oleh OpenAI tersebut.

Google yang juga merupakan salah satu perusahaan teknologi raksasa sudah memperkenalkan kepada publik aplikasi percakapan kecerdasan buatan yang dibuat dengan menggunakan model bahasa besar atau LLM.

Walau begitu, tren tekonolgi kecerdasan buatan tersebut bukan hanya memicu para perusahaan besar saja. Beberapa perusahaan lain yang kurang begitu terkenal juga turut ikut serta untuk terjun ke kompetisi kecerdasan buatan tersebut.

Advertisements

Berikut ini adalah beberapa pesaing yang siap menantang ChatGPT

Google

Goole tidak akan tinggal diam dengan membiarkan Microsoft bergerak dengan cepat dengan merilis chatbot kecerdasan buatan yang dapat mengganggu bisnis utama Google sebagai salah satu mesin pencari terbesar didunia.

Mereka juga mengumumkan chatbot AI mereka yang memiliki nama Bard, para pengguna bisa mengantri untuk masuk kedalam daftar tunggu agar dapat mengakses kecerdasan buatan Bard yang dibuat oleh Google mulai Selasa (21/03/2023).

Bard sendiri diklaim mampu membantu serta membuat dan menuliskan sebuah esai, membandingkan dua buah film yang mendapat nominasi oscar, membuat rencana untuk baby shower sampai memberikan sebuah ide makan siang berdasarkan lauk pauk apa saja yang ada didalam kulkas penggunanya.

Meta

Meta yang merupakan induk dari perusahaan Facebook dan juga Instagram juga sudah mengembangkan AI. Salah satu raksasa teknologi yang berfokus pada media sosial ini juga ternyata mulai ikut-iutan masuk kedalam platform kecerdasan buatan dengan mengembangkan platform AI bernama Galactica.

Galactica sendiri dirancang agar bisa memberikan bantuan kepada para peneliti dan juga ilmuwan dengan ringkasan dari artikel akademik, kemampuan untuk membuat sebuah anotasi moleku, menyelesaikan solusi dari masalah matematika dan masih banyak lagi lainnya.

Tapi sayangnya Galactica masih memberikan hasil yang kurang begitu bagus pada saat Meta membuatnya tersedia untuk versi betanya kepada publik pada bulan November 2022 lalu.

Anthropic

Anthropic adalah salah satu perusaah riset yang berfokus pada kecerdasan buatan yang dibuat oleh mantan dari karyawan OpenAI pada tahun 2021 lalu. Mereka dikabarkan sedang membuat pesaing dari ChatGPT dengan nama Claude yang sampai berita ini dimuat belum dirilis kepada publik secara penuh.

Anthropic juga mendapatkan dukungan dari perusahaan teknologi raksasa Google yang memberikan investasi dengan nilai USD 300 juta atau sekitar Rp. 4,5 triliun pada akhir tahun 2022 lalu.

Perusahaan mencoba untuk membuat sebuah chatbot yang menggunakan metodologi yang mereka sebut dengan istilah AI Konstitusional.

You.com

You.com merupakan sebuah perusahaan yang dibuat oleh dua orang mantan karyawan dari Salesfoce. Platform tersebut dikatakan sebagai sebuah mesin pencari yang Anda kendalikan.

Platform ini pada awalnya nampak seperti mesin pencari biasa, namun ternyata didalamnya telah dilengkapi dengan tools obrolan yang memiliki AI didalamnya yang berfungsi sama seperti yang ada pada mesin pencari Bing buatan Microsoft.

You.com sendiri pertama kali mengenalkan chatbot yang diberinama YouChat pada bulan Desember tahun 2022 lalu serta mengatakan kalau chatbot tersebut dibuat diatas model C-A-L perusahaan yang dipadukan dengan obrolan yang sudah didukung oleh kecerdasan buatan.

Alibaba

Alibaba juga ikut serta untuk masuk kedalam platform AI. Pada awal bulan februari lalu, juru bicara Alibaba mengatakan kepada CNBC kalau perusahaannya sedang melakukan proses ujicoba untuk saingan chatgpt secara internal.

Alibaba sendiri dilaporakan sedang melakukan percobaan dengan AI Generatif dari tahun 2017 lalu, namun perusahaan tersebut belum memberikan gambaran mengenai kemampuan dari kecerdasan buatan yang sedang mereka kerjakan tersebut.

Baidu

Baidu yang merupakan salah satu perusahaan yang berasal dari China juga bersiap untuk merilis kecerdasan buatan miliknya yang diberi nama “Ernie Bot” pada bulan Maret ini.

Baidu sendiri terkenal dari mesin pencari yang mereka miliki bersamaan dengan beberapa layanan yang berhubungan dengan internet lainnya, seperti misalnya ensiklopedia online Baide Baike, Baidu Maps untuk pemetaan, Wangpan yang digunakan sebagai layanan cloud dari Baidu dan lain sebagainya.

Kabarnya juga Baidu sendang mengembangkan AI yang mampu untuk mengendari mobil secara otomatis.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *