Tuesday , September 29 2020
Home » Gadget » Ini Dia Spesifikasi Play Station 5

Ini Dia Spesifikasi Play Station 5

foto : christiantoday

Ini Dia Spesifikasi Play Station 5

lebakcyber.net – Ini dia spesifikasi Play Station 5. Beberapa waktu yang lalu, pihak Microsoft telah mengungkapkan spesifikasi konsol Xbox Series X terbarunya kepada publik. Seperti tidak mau kalah, Perusahaa Sony juga turut serta untuk melakukan hal yang sama.

Perusahaan teknologi yang berasal dari Jepang tersebut juga membeberkan detail mengenai spesifikasi yang ada dari konsol PlayStation 5 ( PS5) yang akan mereka rilis.

Dalam sebuah video live-streaming, pihak Sony memberikan informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dan juga komponen pada Play Station 5.

Advertisements

Mark Cerny selaku Lead System Architect of Play Station mengatakan bahwa Sony akan menggunakan SSD (Solid State Drive) sebagai media penyimpanannya. Hal tersebut sesuai dengan apa yang di prediksikan oleh sejumlah analis.

Mark juga menambahkan bahwa SSD memiliki performa 10 kali jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD biasa. Bahkan untuk membaca sebuah game, SSD hanya membutuhkan waktu sekitar 2,7 detik saja.

Advertisements

Mark juga menjelaskan jika masih menggunakan media penyimpanan hard disk drive (HDD), biasanya diperlukan dua pertiga dari waktu habis hanya untuk mencari lokasi data dari game dan sisa waktu lainnya untuk memuat data dari game yang akan dimainkan. Jadi membutuhkan total waktu sekitar 20 detik untuk memuat sebuah game. Hal ini dinilai terlalu lambat.

Dirinya juga mengatakan kalau Play Station 5 akan dibekali dengan penyimpanan SSD internal yang memiliki kapasitas sebesar 825 GB. Kapasitas tersebut juga masih bisa diperluas karena pihak Sony juga menyediakan slot SSD eksternal pada perangkat Play Station 5.
Selain itu, Sony juga turut menyertakan port USB yang bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat Play Station 5 dengan HDD eksternal.

Dikutip dari halaman The Verge, Kamis (19-03-2020), penggunaan HDD eksternal tersebut dimaksudkan agar dapat digunakan sebagai fitur backward compatibility sehingga para pengguna dapat memainkan game yang ada di PlayStation 4 langsung melalui HDD.

Konsol terbaru dari Sony ini menggunakan prosesor AMD Zen 2 (octa-core) yang memiliki kecepatan 3,5 GHz serta prosesor grafis berbasiskan RDNA 2 dari AMD. Play Station 5 juga dilengkapi dengan RAM sebesar 16 GB.

Pihak Sony juga memberikan informasi tambahan kalau konsol ini sudah mampu mendukung gambar dengan baik pada resolusi 4K dan juga 8K. Play Station 5 ini juga bisa membaca game dari piringan Blue-Ray.

Walaupun sudah memberikan informasi mengenai dapur pacunya, tapi sampai sekarang ini pihak Sony masih belum mengungkap wujud nyata dari Play Station 5 tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *