Monday , August 19 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Ini Dia Sistem Operasi Penantang Android

Ini Dia Sistem Operasi Penantang Android

photo : Phone Arena

Ini Dia Sistem Operasi Penantang Android

lebakcyber.net – Ini dia sistem operasi penantang Android. Huawei secara resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya yang diberi nama HarmonyOS, lalu seperti apa sistem operasi tersebut nantinya?

Pada acara Huawei Developer Conference yang diadakan di Dongguan, China, CEO Divisi Consumer Huawei Richard Yu memperkenalkan HarmonyOS yang kabarnya akan menjadi penantang Android sebagai sistem operasi yang banyak digunakan pada smartphone. Sebelumnya kabar mengenai sistem operasi yang akan dikeluarkan oleh Huawei tersebut bernama Hongmeng.

Dikutip dari halaman Reuters, Yu mengatakan “Sistem operasi Harmony sangat berbeda dari sistem operasi Android dan juga iOS”.

Menurut Yu, sistem operasi Harmony bukan hanya dapat dioperasikan di perangkat ponsel saja, namun juga dapat berjalan di speaker pintar, komputer, jam tangan, mobil dan juga tablet.

Bahkan aplikasi yang dibangun dari platform HTML5, Linux dan juga Android dapat berjalan dengan baik di atas sistem operasi Harmony.

Yu menambahkan “Anda dapat mengembangkan aplikasi satu kali, lalu secara fleksibel dapat menyebarkannya di berbagai perangkat yang berbeda”.

Sistem operasi Harmony sendiri sudah mulai dikembangkan dua tahun yang lalu, namun pada tahun ini pihak Huawei semakin mempercepat kehadiran dari sistem operasi tersebut. Hal tersebut juga dipicu karena Huawei masuk kedalam daftar hitam Departemen Perdagangan Amerika Serikat yang memberikan dampak terbatasnya dukungan teknologi dari perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat.

Sistem operasi Harmony 1.0 akan diadopsi oleh produk produk layar pintar Huawei yang akan datang, seperti misalnya Honor Vision TV. Selama tiga tahun kedepan, Huawei akan mengoptimalkan sistem operasi ini ke berbagai lini produk yang membawa versi 2.0 ke pasaran pada tahun 2020 nanti dan versi 3.0 satu tahun kemudian.

Sistem operasi Harmony yang sepenuhnya dirancang open source tersebut pada awalnya akan menguatkan pasar dalam negeri di China, dengan membuka kesempatan kepada Oppo dan juga Xiaomi untuk ikut mengembangkan sistem operasi tersebut.

Lalu apakah benar sistem operasi HarmonyOS yang dikembangkan oleh Huawei tersebut dapat bersaing dengan sistem operasi Android dan juga iOS yang sudah memiliki penggemar tersendiri dikalangan pengguna smartphone? kita lihat saja kelanjutannya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *