Saturday , December 7 2019
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Ini Dia Perbedaan Hacker dan Cracker

Ini Dia Perbedaan Hacker dan Cracker

Ini Dia Perbedaan Hacker dan Cracker

lebakcyber.net – Ini dia perbedaan Hacker dan Cracker. Sekarang ini masih sering yang banyak salah kaprah mengenai hacker. Ya banyak orang yang masih berpendapat bahwa seorang peretas adalah seorang hacker, padahal bisa saja kalau dia adalah seorang cracker.

Pada dasarnya hacker bisa saja adalah seorang peretas yang baik. Namun cracker bisa dimasukan kedalam peretas yang jahat. Oleh karena itu, kita harus lebih berhati-hati dengan cracker. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan hacker dan cracker.

Apa Sih Hacker Itu

Ini Dia Perbedaan Hacker dan Cracker
foto : cio.com.br

Seperti yang kita ketahui kalau seorang hacker merupakanseseorang yang mampu meretas salah satu sistem komputer yang tujuannya untuk dapat mengakses data-data milik pribadi orang lain secara ilegal.

Advertisements

Memang sejatinya kegiatan yang dilakukan hacker itu ilegal. Karena kebanyakan dari mereka meretas hanya untuk membobol data ataupun situs untuk kepentingan pribadinya saja.

Namun ternyata ada juga hacker yang mampu meretas sistem atau situs hanya untuk mengetes seberapa aman sistem kemanan tersebut. Sehingga pemilik sistem atau situs tersebut dapat menambal celah keamanan yang ada didalam situs sehingga membuatnya menjadi lebih aman lagi dari sisi sistem dan juga datanya.

Apa Sih Cracker Itu

Ini Dia Perbedaan Hacker dan Cracker
foto : cio.com.br

Walau Cracker itu sering disamakan dengan hacker, namun cracker itu sangat berbeda dengan hacker. Cracker artinya “Retak atau Membuka”. Cracker merupakan seorang yang mengambil data orang lain yang sistem keamanannya sudah dibobol.

Advertisements

Sama halnya dengan hacker, perbuatan seorang cracker juga dianggap ilegal. Apalagi kalau ini memang tujuannya untuk kepentingan pribadi dirinya sendiri dan tidak bermaksud melakukan pengujian suatu sistem. Jadi kita seharusnya lebih berhati-hati dengan cracker, karena mereka termasuk kedalam organisasi hacker paling ditakuti di dunia.

Hacker Itu Tidak Selamanya Buruk

Hacker tidak selamanya melakukan kegiatan jahat atau buruk. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau seorang hacker bisa saja meretas sistem hanya untuk menguji suatu keamanan dari sistem.

Bahkan karena keisengan dalam melakukan pengujian sistem tersebut juga pernah ada seorang bocah hacker yang paling ditakuti yang akhirnya direkrut oleh kepolisian. Karena pihak kepolisian tersebut membutuhkan hacker untuk dapat bertugas didalam bidang siber.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *