Friday , July 12 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Inggris Mengatakan WhatsApp Sarang Pedofil dan Penjahat

Inggris Mengatakan WhatsApp Sarang Pedofil dan Penjahat

foto : theverge.com

Inggris Mengatakan WhatsApp Sarang Pedofil dan Penjahat

lebakcyber.net – Setelah minggu lalu WhatsApp diblokir oleh China, kini negara Inggris mengeluarkan pendapat dan kritikan yang tajam terhadap aplikasi berbagi pesan tersebut. Pemerintah Inggris mengatakan WhatsApp sarang Pedofil dan Penjahat yang tidak dapat terjangkau oleh hukum.

Aplikasi WhatsApp memang memiliki teknologi enkripsi yang sangat baik dan aman. Sehingga komunikasi yang terjadi melalui WhatsApp hanya diketahui oleh pihak yang saling berkirim pesan saja. Pemerintah pun kesulitan meminta informasi jika WhatsApp dimanfaatkan oleh para pelaku kriminal.

Amber Rudd selaku Menteri Dalam Negeri Inggris mengatakan bahwa mereka mengetahui layanan enkripsi end to end seperti yang digunakan WhatsApp dimanfaatkan oleh para pedofil. Dia beranggapan bahwa banyak perusahaan yang memungkinkan mereka dan penjahat lainnya untuk beroperasi diluar jangkauan hukum.

Pihak WhatsApp pun diminta untuk segera membatasi gerak para penjahat secara maksimal. Rudd berharap perusah teknologi lainnya seperti Facebook, Microsoft, Twitter dan Google dapat bergerak lebih cepat dalam menangkal materi yang berisi ekstrimis.

Pihak WhatsApp sendiri sudah mengeluarkan tanggapannya terhadap tudingan tersebut. Mereka menyatakan sistem enkripsi yang digunakan WhatsApp sangat penting untuk menjaga keamanan dari layanannya. Namun disisi lain, WhatsApp juga berjanji akan membantu pemerintah memberantas kaum ekstrimis dan juga pedofil.

Setiap harinya, WhatsApp melayani ratusan juta pengguna yang menggunakan layanan WhatsApp untuk saling berbagi pesan, termasuk membagikan informasi personal yang bersifat sangat sensitif. Dan teknologi enkripsi membantu semua komunikasi yang terjadi di WhatsApp berjalan dengan aman.

Eksploitasi anak-anak tidak mendapat tempat dilayanan WhatsApp, oleh karena itu, pihak WhatsApp berjanji untuk membantu pemerintah dan bekerja sama dengan penegak hukum untuk mengindentifikasi akun semacam itu dan memblokirnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *