Saturday , October 19 2019
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Informasi Yang Paling Sering Dicuri Hacker

Informasi Yang Paling Sering Dicuri Hacker

foto : shutterstock

Informasi Yang Paling Sering Dicuri Hacker

lebakcyber.net – Informasi yang paling sering dicuri hacker. Di dunia internet ini ada dua jenis hacker, yaitu hacker yang baik dan juga hacker yang jahat. Biasanya hacker yang jahat disebut dengan panggilan Black Hat karena sering melakukan peretasan hanya untuk kepentingan pribadinya sendiri dan biasanya merugikan banyak orang.

Oleh karena itu, sebagai pengguna internet sebaiknya kita harus waspada terhadap serangan dari para black hat yang banyak berkeliaran di internet. Walaupun kamu menggunakan smartphone paling aman dari serangan hacker black hat, tidak menutup kemungkinan kalau para black hat tetap dapat membobol smartphone yang kamu gunakan untuk berseluncur di internet.

Dan bagi kalian yang sering berselancar di internet, sebaiknya mengetahui informasi apa saja yang paling sering dicuri oleh para hacker black hat ini. Jadi langsung saja kita masuk ke pembahasan utamanya.

Advertisements

Nomor Identitas

Nomor identitas atau NIK pada kartu tanda penduduk merupakan salah satu informasi yang paling sering dicuri oleh para hacker Black Hat. Karena NIK pada kartu tanda penduduk ini dapat digunakan untuk membuat dokumen penting.

Informasi NIK ini sering dicuri oleh hacker karena dengan NIK dapat membuat akun bank, melamar pekerjaan, melakukan registrasi kartu telepon, dan hal tersebut dapat disalah gunakan jika sampai dicuri oleh hacker black hat.

Nomor Akun Finansial

Nomor akun finansial juga merupakan salah satu informasi yang sering dicuri oleh para black hat hacker. Di zaman yang serba digital ini tidak heran kalau semuanya menggunakan teknologi baru, dan biasanya nomor akun finansial yang biasa dibobol oleh para hacker adalah nomor rekening, kartu debit, kartu kredit dan lain sebagainya.

Advertisements

Kalau para black hat ini sudah mendapatkan nomor akun finansial, mereka dapat menyalahgunakan nomor akun finansial tersebut untuk kepentingan pribadi, misalnya melakukan belanja online di salah satu situs belanja online, dan kamu akan mendapat tagihan yang besar padahal kamu merasa tidak melakukan pembelian apapun.

Pin Akun Bank

Pin akun bank merupakan salah satu informasi yang paling sering dicuri oleh para hacker black hat, karena kalau seorang hacker black hat sudah mendapatkan pin akun bank kamu, mereka bisa saja melakukan carding dan menarik semua uang yang ada didalam tabungan kamu.

Nomor Paspor

Sama seperti Nomor Induk KTP, kalau kamu pernah membuat paspor secara online ataupun offline, waspada kalau data paspor milikmu dicuri oleh hacker. Karena didalam paspor tersebut, informasi mengenai identitas kamu terdata dengan jelas.

Bisa saja informasi yang didapat dari paspor tersebut disalah gunakan oleh hacker. Misalnya hacker memanipulasi data ataupun foto yang ada di paspor, kalau mereka ingin melakukan perbuatan jahat, maka pemilik asli paspor tersebutlah yang akan disalahkan.

Tempat dan Tanggal Lahir

Tempat dan tanggal lahir merupakan salah satu informasi yang juga paling sering dicuri oleh para black hat, karena dengan informasi tersebut mereka dapat mencoba menebak password yang kamu gunakan untuk akun penting yang kamu miliki, oleh karena itu penggunaan password dengan menggunakan tanggal lahir sangat tidak disarankan.

Dan itulah beberapa informasi mengenai data yang sering dicuri oleh para hacker black hat, jadi hati-hati terhadap informasi pribadi yang kamu bagikan di internet ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *