Monday , November 18 2019
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Indonesia Kena Jutaan Serangan Cyber

Indonesia Kena Jutaan Serangan Cyber

foto : Oman Observer

Indonesia Kena Jutaan Serangan Cyber

lebakcyber.net – Indonesia kena jutaan serangan cyber. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengatakan kalau Indonesia mendapati jutaan kali serangan siber sampai bulan September 2019 ini. Walau begitu, BSSN mengatakan kalau serangan tersebut masih dapat diatasi.

Letjen (Purn) Hinsa Siburian selaku Kepala BSSN mengatakan “Jadi kalau serangan siber sudah cukup banyak, cukup banyak itu ada hitungannya, dan bisa jutaan”.

Walaupun banyak, Hinsa mengatakan kalau serangan tersebut tidak memberikan pengaruh yang signifikan kepada instansi-instansi, karena banyak instansi yang sudah memiliki penanganan kalau ada serangan siber yang terjadi.

Advertisements

“Tapi kan seperti kita ketahui bahwa serangan tersebut juga tidak serta-mera semua berpengaruh. Karena masing-masing, katakanlah instansi yang memiliki siber di situ juga ada penangkalnya gitu. Jadi sampai saat ini banyak serangan yang masih dapat diatasi”. tambahnya.

Mengenai instansi mana yang menjadi sasaran dari serangan siber, Hinsa tidak menyebutkannya secara detail. Walaupun begitu, dirinya mengakui kalau BSSN siap membantu beberapa instansi jika mengalami serangan siber.

Dirinya menambahkan “Ada itu (instansi yang terkena serangan siber). Namun secara umum ktia masih bisa bertahan dari serangan yang terjadi. Kalau ada instansi tertentu yang mungkin perlu kita bantu, yang kita bantu”.

Hinsa mengatakan kalau serangan siber saat ini terindikasi menyebarkan paham radikalisme melalui media sosial. Karena hal tersebut, dirinya meminta kepada masyarakat untuk menyaring informasi dari media sosial sebelum menelaahnya.

“Kejadian kejadia seperti teriak ganti Pancasila atau teriak akan memisahkan diri dari Indonesia kan banyak beredar di media sosial, disebarkannya melalui media sosial. Jadi hal tersebut perlu diwaspadai dan kembali ke nilai nilai dasar kita berbangsa dan bernegara adalah Pancasila dan UUD 1945” Ucap Hinsa.

Advertisements

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *