Friday , October 23 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » India Bikin Toko Aplikasi Sendiri

India Bikin Toko Aplikasi Sendiri

foto : Techfossguru

India Bikin Toko Aplikasi Sendiri

lebakcyber.net – India bikin toko aplikasi sendiri. India memiliki rencana untuk merilis toko aplikasi mereka sendiri yang nantinya dapat digunakan sebagai alternatif dari Apple App Store dan juga Google Play Store.

Langkah tersebut diambil agar dapat meningkatkan kemandirian negara dimana film Bollywood tersebut berasal.

Kepemerintahan Perdana Menteri Modi sekarang ini sedang berusaha agar dapat meningkatkan Mobile Seva App Store seperti yang dilaporkan oleh kantor berita lokal.

Advertisements

Laporan yang didapat dari ETNow mengutip pernyataan dari pemerintah yang menyatakan kalau Android memiliki 90 persen pangsa pasar di India. Jadi mereka harus ikut campur tangan serta mempertahankan startup di India.

Dikutip dari halaman Gizmochina (02/10/2020), pemerintah India juga sekarang ini sedang mempertimbangkan untuk membuat sebuah toko aplikasi wajib bagi smartphone yang menggunakan sistem operasi Android.

Advertisements

Selanjutnya toko aplikasi tersebut harus telah terpasang secara default pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Android yang dibuat oleh Google tersebut.

Informasi tersebut muncul setelah banyak pengusaha yang bergerak di bidang teknologi melakukan kerjasama untuk mengajukan petisi pemerintah India tersebut untuk dukungan mengenai ekosistem aplikasi digital India yang menyeluruh agar bisa menyaingi raksasa teknologi besar seperti Apple dan juga Google.

Dalam pertemua pada awal minggu ini, cara membangun platform berskala besar yang menampung aplikasi lokal juga ikut dibahas agar dapat mematahkan monopoli pasar sekarang ini.

Para pengusaha tersebut juga nantinya akan mencari regulator perbankan India, termasuk kementerian keuangan untuk meminta ganti rugi dari langkah Google baru-baru ini yang sudah bertujuan agar meningkatkan komisi atas pembelian yang dilakukan pada toko aplikasinya.

Badan yang dipantau oleh pemerintah bisa memastikan proses netralitas, keadilan serta keterbukaan aplikasi. Masih harus dilihat lagi tanggapan dari Google dan juga Apple menanggapi berita tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *