Friday , October 2 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Huawei Rilis Mesin Pencari Untuk Perangkat Mobile

Huawei Rilis Mesin Pencari Untuk Perangkat Mobile

foto : HMSArena

Huawei Rilis Mesin Pencari Untuk Perangkat Mobile

lebakcyber.net – Huawei rilis mesin pencari untuk perangkat mobile. Huawei sedikit demi sedikit mulai melakukan usaha untuk meninggalkan ketergantungannya kepada Google. Pada acara Huawei Developers Conference, perusahaan yang berasal dari Tiongkok tersebut secara resmi juga merilis Huawei Search.

Huawei Search sendiri merupakan sebuah mesin pencari yang dikhususkan kepada perangkat mobile. Zhang Pingan selaku Presiden Huawei Consumer Bussines Cloud Services mengatakan kalau mesin pencari tersebut telah mendukung pengguna dari 170 negara serta lebih dari 50 bahasa dan juga 20 industri.

Sebagai informasi tambahan sebelumnya juga pihak Huawei suda merilis Petal Search pada berbagai kawasan agar bisa menggantikan ketidak hadiran dari Google Search. Pada bulan Juni lalu, Petal Search telah dirilis di App Gallery.

Advertisements

Petal Search sendiri merupakan sebuah fitur yang dikembangkan oleh Huawei, tapi hasil pencariannya kebanyakan masih berasal dari pihak ketiga seperti Qwant dan juga Yandex.

Dikutip dari halaman Gizmochina, Huawei akan membuka lima layanan utama dari HMS agar bisa membuka landasan inovasi kepada para pengembang global serta membangun ekosistem HMS yang baru. Dimana kelima layanan tersebut adalah mesin pembayaran, browsing, peta, periklanan dan juga mesin pencari.

Advertisements

BUkan itu saja, smarpthone yang dibuat Huawei sekarang ini juga telah dibekali dengan Smart Search. Fitur tersebut setidaknya bisa bekerja dalam enam kategori yang berbeda. Salah satunya adalah lokal yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian kontan, memo sampai pesan.

Ada juga fitur integrated yang dapat digunakan untuk melakuan pencarian pada semua kategori seperti berita, musik, aplikasi sampai video.

Fitur lainnya adalah web yang menggunakan Baidu, Apps untuk mencari sebuah aplikasi yang spesifik serta Video dan Musik untuk mencari Huawei Musik dan Huawei Video.

Zhang Pingan juga mengklaim kalau sekarang ini Huawei sudah menempati urutan ketiga dari daftar pasar aplikasi yang ada di dunia dengan setidaknya ada sebanyak 700 juta pengguna. Bahkan sejak bulan Januari sampai dengan bulan Agustus 2020, distribusi kumulatif untuk aplikasi sudah mencapai angka 261 miliar.

Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, secara umum pertumbuhan developer HMS bisa dibilang sangat menjanjikan. Sekarang ini pertumbuhannya mengalami peningkatan sampai 98%. Yang artinya dari 910 ribu jumlah pengembang yang sudah terdaftar di HMS sekarang ini sudah mencapai 1,8 juta pengembang.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Huawei Jadi Raja Ponsel Dunia

Huawei Jadi Raja Ponsel Dunia

Huawei Jadi Raja Ponsel Dunia lebakcyber.net – Huawei jadi raja ponsel dunia. Dimasa Pandemi Covid-19 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *